Kompas.com - 07/07/2022, 07:33 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com – Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) pada Rabu (6/7/2022) malam waktu setempat mengumumkan, telah menemukan kasus pertama penularan lokal cacar monyet.

Penderita diidentifikasi seorang pria berkewarganegaraan Malaysia yang menetap di "Negeri Singa”.

Pria berusia 45 tahun itu saat ini dirawat inap di National Centre for Infectious Diseases (NCID), rumah sakit di distrik Novena, Singapura Tengah, yang menangani pasien penyakit menular seperti Covid-19 dan cacar monyet.

Baca juga: Cacar Monyet di Eropa Meningkat 3 Kali dalam 2 Pekan, WHO Minta Waspada

Pria yang tidak disebutkan namanya ini mulai tidak sehat pada 30 Juni ditandai dengan ruam di kulit perut bagian bawahnya.

Berselang dua hari kemudian pada 2 Juli, kondisinya melemah dengan gejala rasa lelah luar biasa dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Kondisi pasien cacar monyet Singapura ini memburuk setelah dia mengalami demam dan sakit tenggorokan pada 4 Juli. Dia pun akhirnya memutuskan pergi berobat ke dokter.

Sejumlah tes dilakukan dan hasilnya negatif. Pria itu dirujuk ke NCID dan segera dirawat di ruang isolasi yang akhirnya dikonfirmasi positif cacar monyet. Kondisinya saat ini menurut MOH berada dalam keadaan stabil.

Kementerian Kesehatan Singapura mengambil langkah cepat mengkarantina tiga orang selama 21 hari, yaitu dua yang tinggal serumah dengan pasien dan seorang lagi yang bertemu dengannya.

Pelacakan kontak (contact tracing) sedang dilakukan untuk menelusuri lebih jauh siapa saja yang telah bertemu dengan pasien.

Baca juga: WHO Akan Ganti Nama Cacar Monyet, Ini Alasannya

Penularan cacar monyet di Singapura

Ilustrasi Cacar MonyetShutterstock.com Ilustrasi Cacar Monyet
Kasus infeksi lokal cacar monyet ini berselang dua minggu setelah penemuan kasus impor pada 22 Juni.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.