Kompas.com - 06/07/2022, 22:30 WIB

VATIKAN, KOMPAS.com - Paus Fransiskus mengatakan dia ingin memberi wanita lebih banyak posisi tingkat atas di Tahta Suci.

Dia untuk pertama kalinya juga akan menunjuk wanita ke komite Vatikan yang sebelumnya diisi pria secara keseluruhan.

Komite membantunya memilih uskup dunia.

Baca juga: Bantah Rumor Pensiun, Paus Fransiskus Ingin Kunjungi Moskwa dan Kyiv

Dilansir Reuters, peran wanita dalam hierarki Vatikan adalah salah satu dari banyak topik Gereja dan internasional yang dibahas oleh Paus berusia 85 tahun itu dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Reuters di kediamannya di Vatikan pada 2 Juli.

Sebuah konstitusi baru untuk administrasi pusat Takhta Suci yang mulai berlaku bulan lalu, memungkinkan setiap umat Katolik yang dibaptis, termasuk pria dan wanita awam, untuk memimpin sebagian besar departemen Vatikan.

"Saya terbuka untuk memberi (perempuan) kesempatan," katanya di bagian wawancara 90 menit yang membahas konstitusi baru untuk pemerintahan pusat, yang dikenal sebagai Kuria.

Dia menyebutkan bahwa tahun lalu, untuk pertama kalinya, dia mengangkat seorang wanita ke posisi nomor dua di pemerintahan Kota Vatikan, menjadikan Suster Raffaella Petrini sebagai wanita dengan peringkat tertinggi di negara bagian terkecil di dunia.

Baca juga: Akan Gelar Konferensi Agama Dunia, NU Undang Paus Fransiskus hingga Imam Besar Al-Azhar

"Dua wanita akan ditunjuk untuk pertama kalinya dalam komite untuk memilih uskup di Kongregasi untuk Uskup," katanya.

Langkah itu, yang belum diumumkan secara resmi, sangat penting karena perempuan untuk pertama kalinya akan memiliki suara dalam penunjukan uskup dunia, yang semuanya laki-laki.

"Dengan cara ini, segalanya sedikit terbuka," katanya.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.