Kompas.com - 05/07/2022, 17:30 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Paus Fransiskus menepis desas-desus bahwa dia berencana untuk mengundurkan diri dalam waktu dekat.

Dia malah berharap bisa mengunjungi Moskwa dan Kyiv setelah melakukan perjalanan ke Kanada akhir bulan ini.

Dilansir CBS News, Paus Fransiskus juga mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara yang diterbitkan Senin (4/7/2022) bahwa gagasan untuk mundur “tidak pernah terlintas dalam pikiran saya".

Baca juga: Paus Fransiskus: Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Jadi karena Provokasi NATO

Ini menanggapi rencana pengumunan pensiun yang direncanakan pada akhir musim panas, meskipun Paus mungkin akan mundur "suatu hari nanti", seperti yang dilakukan Paus Emeritus Benediktus XVI pada 2013.

Dia mengungkapkan bahwa masalah lututnya, yang membuatnya menggunakan kursi roda selama lebih dari sebulan, disebabkan “patah tulang kecil”.

Tapi Paus mengatakan bahwa itu "perlahan menjadi lebih baik" dengan terapi laser dan magnet.

Baca juga: Awal Mula Spekulasi Pengunduran Diri Paus Fransiskus, Agenda Terbaru Jadi Sorotan

Paus dijadwalkan mengunjungi Kongo dan Sudan Selatan minggu ini, tetapi harus membatalkan perjalanan karena dokter mengatakan dia membutuhkan lebih banyak terapi.

Dia mengaku berada di kapal untuk melakukan perjalanan ke Kanada 24-30 Juli dan mengatakan berharap mengunjungi Rusia dan Ukraina beberapa saat setelahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber CBS News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.