Kompas.com - 06/07/2022, 15:01 WIB

JEDDAH, KOMPAS.com – Seorang pria asal Inggris bernama Adam Mohammed (52) berhasil memenuhi mimpinya pergi ke Makkah, Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji dengan berjalan kaki.

Rute yang dia lalui untuk mencapai Makkah dengan berjalan kaki adalah melalui Belanda, Jerman, Republik Ceko, Hongaria, Romania, Bulgaria, Turki, Lebanon, Suriah, dan Yordania.

Dilansir Arab News, Selasa (5/7/2022), Mohammed menempuh jarak hampir 6.500 kilometer selama 11 bulan dan 26 hari. Dia tiba Masjid Aisyah di Makkah pada 26 Juni.

Baca juga: Arab Saudi Rawat 43.000 Jemaah Haji 2022, Termasuk Lakukan Operasi Jantung

Rata-rata, Mohammed berjalan kaki sejauh 17,8 Kilometer (Km) dalam sehari.

“Saya sangat senang menyelesaikan perjalanan saya dan saya diliputi oleh sambutan yang luar biasa, kemurahan hati, dan cinta dari orang-orang Arab Saudi dan bangsa lainnya. Saya sangat ingin menunaikan haji karena haji adalah impian terbesar saya,” kata Mohammed.

Mohammed tak lupa mengucapkan syukur kepada Tuhan karena bisa menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Ini bukan perjalanan yang mudah bagi saya, tetapi saya harus mengorbankan segalanya demi Allah dan kemanusiaan,” ujar Mohammed.

Baca juga: Haji 2022: 1 Juta Jemaah Datangi Tanah Suci Mekkah, Terbanyak Selama Pandemi Covid

Mohammed menceritakan, keinginannya berjalan kaki ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji bermula daat lockdown karena Covid-19 di kotanya pada 2021.

“Saya disibukkan dengan membaca Al-Qur’an sejak pembatasan pandemi virus corona. Tiba-tiba, suatu hari, saya terbangun dan sesuatu dalam diri saya menyuruh saya pergi ke Makkah dengan berjalan kaki dari rumah saya. Saya tidak bisa mengabaikan suara ini dan memutuskan untuk melakukannya,” lanjut Mohammed.

Hanya butuh dua bulan baginya untuk mempersiapkan perjalanan dengan bantuan dari sejumlah organisasi di Inggris dan sumbangan dari rekan senegaranya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber Arab News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.