Kompas.com - 01/07/2022, 10:30 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Tanpa Rusia, masalah ekonomi global tidak mungkin diselesaikan dalam format G20, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, Kamis (30/6/2022).

"Bagaimanapun, penekanan utama G20 dibuat pada ekonomi. Tidak mungkin berbicara tentang penekanan utama pada ekonomi tanpa Rusia," kata Peskov, dilansir TASS.

"Ini sama mustahilnya jika Anda mengatakan bahwa G7 dapat memecahkan masalah ekonomi global," katanya.

Baca juga: Putin: Rusia Dukung Upaya Indonesia Persiapkan KTT G20

Juru bicara Kremlin mencatat bahwa populasi negara-negara G7 kurang dari satu miliar dan hanya sekitar 700 juta orang.

Selain itu, sebagian besar PDB dunia diproduksi di luar kelompok G7 itu.

"Juga, di dalam G20, tanpa Rusia mungkin sulit untuk membicarakan apa yang akan terjadi pada ekonomi dunia," tambah Peskov.

Baca juga: Putin Puas Bertemu Jokowi: Pembicaraan yang Bermakna

Juru bicara Kremlin ingat bahwa Rusia memiliki undangan untuk mengambil bagian dalam KTT G20 November, dan terus menjadi anggota asosiasi ini.

Namun, ketika ditanya tentang kemungkinan format partisipasi dalam KTT, Peskov mengatakan bahwa "Presiden akan membuat keputusan berdasarkan apa yang harus kita lakukan dengan cara yang lebih nyaman bagi kita dan lebih menguntungkan bagi kita".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber TASS
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.