Kompas.com - 15/06/2022, 08:25 WIB

JENEWA, KOMPAS.com - Direktur Regional Dana Anak-anak PBB (UNICEF) untuk Eropa dan Asia Tengah, Asfhan Khan, menegaskan bahwa anak-anak Ukraina tidak boleh diadopsi di Rusia.

Dia pun menyatakan beberapa ribu anak muda Ukraina diyakini telanjur dipindahkan ke Rusia sejak invasi Rusia pada Februari.

“Kami menegaskan kembali, termasuk kepada Federasi Rusia, bahwa adopsi tidak boleh terjadi selama atau segera setelah keadaan darurat,” ungkap Asfhan Khan kepada wartawan.

Baca juga: Paus Fransiskus: Invasi Rusia ke Ukraina Bisa Jadi karena Provokasi NATO

Dia menegaskan, anak-anak seperti itu tidak dapat dianggap sebagai yatim piatu dan setiap keputusan untuk memindahkan anak mana pun harus didasarkan pada kepentingan terbaik mereka dan setiap gerakan harus bersifat sukarela.

"Orangtua perlu memberikan persetujuan," kata Asfhan Khan, yang baru saja kembali dari kunjungan ke Ukraina, dikutip dari AFP.

Bagaimana nasib anak-anak yang telanjur dikirim ke Rusia?

Mengenai anak-anak yang telah dikirim ke Rusia, dia menyebutkan, UNICEF telah bekerja sama dengan ombudsman dan jaringan untuk mencari tahu bagaimana cara terbaik untuk mendokumentasikan kasus-kasus itu.

"Saat ini tidak ada akses ke anak-anak itu," ungkap Asfhan Khan.

PBB telah menyatakan keprihatinannya pada awal Maret tentang risiko adopsi paksa anak-anak Ukraina.

Baca juga: Zelensky Ungkap Betapa Pentingnya Donbass...

Utamanya, terhadap sekitar 91.000 yang tinggal di institusi atau sekolah asrama pada awal perang.

Banyak dari mereka berlokasi di Ukraina timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.