Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Akan Kirim Rudal Jarak Jauh M270 ke Ukraina

Kompas.com - 06/06/2022, 15:33 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Inggris pada Senin (6/6/2022) mengatakan, pihaknya akan mengikuti Amerika Serikat dan mengirim sistem rudal jarak jauh ke Ukraina.

Keputusan Inggris ini menentang peringatan dari Presiden Rusia Vladimir Putin agar tidak memasok senjata canggih ke Kyiv.

Kementerian Pertahanan Inggris berujar, London berkoordinasi erat dengan Washington atas pemberian sistem roket berpeluncur banyak yang dikenal sebagai MLRS untuk membantu Ukraina mempertahankan diri dari agresi Rusia.

Baca juga: Inggris Resmi Akan Pasok Ukraina Sistem Roket M270, Sanggup Serang Target 80 Km

Peluncur M270 yang dapat menyerang target hingga 80 kilometer jauhnya dengan roket berpemandu presisi ini akan "menawarkan peningkatan kemampuan yang signifikan bagi pasukan Ukraina," tambah Kemenhan Inggris dikutip dari AFP.

AS pekan lalu mengumumkan akan memberi Kyiv sistem roket artileri mobilitas tinggi dikenal sebagai HIMARS, yang secara bersamaan dapat meluncurkan beberapa rudal berpemandu presisi dan lebih unggul dalam jangkauan serta presisi dibandingkan persenjataan yang ada di Ukraina.

Namun, Presiden AS Joe Biden menolak memasok Ukraina dengan senjata yang dapat menjangkau hingga ke Rusia, meskipun Kyiv berulang kali memintanya.

Meskipun demikian, langkah AS membuat Putin pada Minggu (5/6/2022) memperingatkan bahwa Moskwa akan menyerang target baru yang tidak ditentukan jika Barat memasok rudal ke Ukraina, dan mengatakan bahwa pengiriman senjata baru ke Kyiv ditujukan untuk memperpanjang konflik.

Adapun Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace bersikeras, para sekutu Barat Ukraina harus mempertahankan pengiriman senjata untuk memungkinkan negara itu memenangi perangnya melawan Rusia.

Baca juga:

"Inggris mendukung Ukraina dalam pertarungan ini dan mengambil peran utama memasok pasukan heroiknya dengan senjata vital yang mereka butuhkan untuk mempertahankan negara dari invasi tanpa alasan," katanya dikutip dari AFP.

“Seiring dengan perubahan taktik Rusia, demikian juga dukungan kita kepada Ukraina. Sistem roket berpeluncur banyak yang sangat mumpuni ini akan memungkinkan teman-teman Ukraina kita untuk lebih melindungi diri mereka sendiri dari penggunaan artileri jarak jauh yang brutal, yang telah digunakan pasukan Putin tanpa pandang bulu untuk meratakan kota-kota," imbuhnya.

Pasukan Ukraina akan dilatih tentang cara menggunakan peluncur itu, sehingga mereka dapat memaksimalkan efektivitas sistem, kata kementerian pertahanan Inggris.

London sejauh ini sudah menawarkan lebih dari 750 juta pounds (Rp 13,5 triliun) dukungan militer ke Ukraina, termasuk mengirimkan sistem pertahanan udara, ribuan rudal anti-tank, berbagai jenis amunisi, ratusan kendaraan lapis baja, dan peralatan lainnya.

Baca juga: Rusia Hancurkan Kiriman Tank dari Eropa Timur untuk Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com