Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Sangat Mendukung Finlandia dan Swedia Gabung NATO

Kompas.com - 29/04/2022, 11:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada Kamis (28/4/2022) bahwa Washington akan sangat mendukung Swedia dan Finlandia jika kedua negara tersebut memutuskan untuk menjadi anggota NATO.

“Kami, tentu saja, melihat mereka untuk membuat keputusan itu. Jika itu yang mereka putuskan, kami akan sangat mendukungnya,” kata Blinken kepada anggota DPRA AS, Jim Costa.

Blinken mengatakan kepada Costa bahwa dia tidak dapat memberikan garis waktunya. Tetapi, dia menggnrisbawahi bahwa itu dalam pertimbangan yang sangat aktif oleh kedua negara.

Baca juga: Finlandia dan Swedia Bisa Gabung NATO dengan Cepat, asalkan...

Swedia dan Finlandia sama-sama menyatakan minatnya untuk bergabung dengan NATO sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai, sebagaimana dilansir The Hill.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg memberi isyarat pada Kamis bahwa Swedia dan Finlandia akan disambut ke dalam aliansi.

“Itu keputusan mereka,” kata Stoltenber, sebagaimana diwartakan Associated Press.

“Tetapi jika mereka memutuskan untuk mendaftar, Finlandia dan Swedia akan disambut dengan hangat, dan saya berharap proses itu berjalan cepat,” lanjut Stoltenberg.

Baca juga: Mantan Komandan NATO Peringatkan Barat untuk Bersiap

Ketertarikan Swedia dan Finlandia untuk bergabung dengan NATO adalah cerminan lain dari perubahan tak terduga mengenai kebijakan internasional yang ditimbulkan oleh perang Rusia di Ukraina.

Finlandia berbatasan dengan Rusia dan tidak menerima keanggotaan NATO selama Perang Dingin bahkan setelahnya.

Namun, negara tersebut segera menyambut gagasan bergabung dengan NATO setelah invasi Rusia ke Ukraina dimulai pada Februari.

Keanggotaan di NATO menetapkan bahwa setiap serangan terhadap salah satu anggota NATO adalah serangan terhadap semua anggota.

Baca juga: Putin Ancam Beri Tanggapan Secepat Kilat jika NATO Campur Tangan di Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com