Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untidar Magelang Perkuat Kemitraan Global Lewat Kerja Sama dengan Perguruan Tinggi Belarus

Kompas.com - 27/01/2022, 22:31 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Rilis

GORKI, KOMPAS.com - Universitas Tidar (Untidar) Magelang terus memperkuat jaringan kemitraan di kancah internasional melalui kerja sama dengan Belarusian State Agricultural Academy (BSAA), Gorki, Belarus.

BSAA merupakan lembaga pendidikan tinggi tertua dan memiliki disiplin ilmu pendidikan agro industri dengan jurusan terbanyak di Eropa, khususnya kawasan Eropa Timur dan negara-negara Commonwealth of Independent States (CIS).

Kesepakatan kemitraan antara Untidar dan BSAA diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh kedua rektor dari masing-masing universitas dalam upacara virtual yang diselenggarakan pada Senin (24/1/2022).

Baca juga: KBRI Belanda Mengaku Belum Dapat Laporan Soal Sejarawan Bonnie Triyana Dipolisikan

Pelaksanaan penandatanganan MoU dihadiri Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus serta Staf Ahli Menteri Luar Negeri RI Bidang Sosial Budaya dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia di Luar Negeri (PMILN).

Acara tersebut juga dihadiri perwakilan Ditjen Amerika dan Eropa Kemlu RI, perwakilan Ditjen Dikti dan Biro Kerja Sama & Humas Kemendikbudristek RI, serta para wakil rektor dan dekan dari kedua universitas.

MoU yang ditandatangani oleh kedua rektor memuat kesepakatan kerja sama dalam berbagai bentuk sebagaimana rilis yang diterima Kompas.com dari KBRI Moskow.

kerja sama itu meliputi pelaksanaan seminar atau simposium bersama, pengembangan program double degree, pertukaran mahasiswa dan tenaga pengajar, pelaksanaan penelitian dan kegiatan illmiah bersama, pertukaran bahan teknis serta publikasi jurnal ilmiah, serta pengajaran bahasa dan pertukaran budaya.

Rektor Untidar Profesor Mukh Arifin dalam sambutan menyatakan, kerja sama ini menunjukkan optimisme dan komitmen kedua universitas dalam upaya memajukan potensi akademiknya.

Baca juga: Jaringan Komunikasi Terputus di Tonga setelah Tsunami, KBRI Terus Berupaya Hubungi WNI

Melalui kerja sama ini, Untidar bertekad untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat dan membawakan peran kepemimpinan di masyarakat melalui kegiatan akademik dan penelitian.

Sebagai langkah awal, Fakultas Pertanian Untidar akan menjadi menjadi focal point pembahasan pengembangan action plan antarkedua universitas pada 2022.

Lebih lanjut, Arifin mengatakan bahwa sejak pendiriannya, Untidar terus menyelenggarakan penelitian pertanian daerah tropis khususnya di lahan vulkanik.

Pada abad ke-21 ini, tantangan dan peluang untuk menyediakan kepakaran dan penelitian di berbagai bidang sangat diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia.

“Dengan reputasi dan kualitas yang dimiliki oleh BSAA sebagai salah satu universitas unggulan di Eropa pada sektor agro industri, diharapkan membuka jalan bagi Fakultas Pertanian Untidar untuk go international, mengembangkan kapasitas dan meningkatkan kualitas pelaksanaan pembelajaran,” ujar Arifin.

Baca juga: KBRI Kuala Lumpur Tegaskan Malaysia Belum Dibuka untuk Penempatan PMI

Sementara itu, Rektor BSAA Profesor Vitali Velikanov menyampaikan ungkapan kegembiraan atas kesepakatan yang berhasil diresmikan dan ditandatangani.

Kerja sama kedua universitas tersebut juga merupakan perwujudan penguatan hubungan pendidikan dan kebudayaan antara kedua negara.

Halaman:
Sumber Rilis
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com