Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Asing Ramai Beritakan Sosok Ghozali Everyday yang Mendadak Kaya Setelah Jual NFT Foto Selfie

Kompas.com - 21/01/2022, 12:30 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com –Sejumlah media asing turut memberitakan sosok Sultan Gustaf Al Ghozali, pemuda Indonesia yang mendadak kaya setelah berhasil menjual foto selfie lewat bisnis Non Fungible Token (NFT) di akun OpenSea.

Misalnya saja, media berbahasa Inggris yang berbasis di Singapura, Channel News Asia (CNA).

Pada Kamis (20/1/2022), CNA menerbitkan artikel berjudul “Indonesian student millionaire who sold selfies as NFTs redeems US$2,700 for now, plans more digital assets” di situs web mereka.

Baca juga: Reaksi Media Asing soal Pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia, Singgung Nama Nusantara hingga Ahok

Dalam artikel tersebut, CNA mengawali pembahasan dengan menyebut Ghozali telah memiliki jadwal padat selama beberapa hari terakhir.

Setelah berhasil meraup lebih dari 1 juta dollar AS di platform untuk selfie NFT-nya, Ghozali menjadi buah bibir di Indonesia dan banyak orang tahu lebih banyak tentang kisahnya.

CNA menyebut Ghozali telah menerima banyak undangan untuk tampil di acara bincang-bincang yang diselenggarakan oleh selebriti maupun politisi yang mengharuskannya melakukan perjalanan dari kota asalnya Semarang, Jawa Tengah (Jateng) ke Jakarta.

“Tahun ini sangat berkesan bagi saya karena saya bisa bertemu banyak orang baru yang hebat,” kata Ghozali dalam sebuah pernyataan tertulis kepada CNA yang diberikan oleh keluarganya.

CNA mengabarkan beberapa tokoh yang telah ditemui Ghozali sejauh ini di antaranya adalah Ketu MPR Bambang Soesatyo dan pembawa acara podcast populer Deddy Corbuzier.

Setelah itu, CNA baru mulai mengungkap terkait rencana Ghozali yang akan terus berkecimpung di dunia NFT.

Baca juga: Media Asing Soroti Indonesia Larang Ekspor Batu Bara

Disebutkan bahwa Ghozali yang masih berusia 22 tahun pada awalnya hanya ingin membuat video timelapse dari foto selfie dirinya untuk hari kelulusan dan tidak berpikir itu akan bernilai sepeser pun. Tapi, Ghozali sekarang percaya bahwa dirinya akan terus berkembang di dunia NFT.

“Ke depan, tidak menutup kemungkinan semua aset, baik itu karya seni, (bahkan) bisnis, akan berbentuk NFT. Insya Allah saya akan terus berkecimpung di dunia NFT,” ujar Ghozali diberitakan CNA.

The Straits Times, media berbahasa Inggris lainnya di Singapura juga turut memberitakan sosok Ghozali di situs web mereka.

Di mana, pada Sabtu (15/1/2022), The Straits Times telah menerbitkan artikel berjudul “Indonesian student’s selfies fetch US$1 million in NFT sale”.

Baca juga: Wasit Piala AFF Indonesia vs Singapura Disorot Media Asing, Kartu Merahnya Dipertanyakan

Sultan Gustaf Al Ghozali ditemui di Udinus Semarang, Kamis (13/1/2022)KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Sultan Gustaf Al Ghozali ditemui di Udinus Semarang, Kamis (13/1/2022)

Di artikel tersebut, The Straits Times juga menyoroti kisah Ghozali yang dapat memperoleh uang hingga miliaran rupiah hanya dengan menjual foto selfie di platform NFT.

Bahkan disebutkan bahwa Ghozali berlum berani bercerita kepada orang tuanya setelah berhasil memperoleh uang begitu banyak itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com