Wasit Piala AFF Indonesia vs Singapura Disorot Media Asing, Kartu Merahnya Dipertanyakan

Kompas.com - 26/12/2021, 16:02 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Kepemimpinan wasit Qasim Matar Ali Al Hatmi yang memimpin pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020 Indonesia vs Singapura disorot media asing.

Dalam laga tersebut, wasit asal Oman itu memberi kartu merah yang kontroversial kepada bek Singapura Safuwan Baharudin di pengujung babak pertama, dan sejumlah keputusan lain yang mengundang tanda tanya.

Dihimpun Kompas.com hingga Minggu siang (26/12/2021), ada tiga media asing yang menyoroti kontroversi wasit Piala AFF tersebut, yakni Channel News Asia (Singapura), AFP (Perancis), dan Yahoo! News Singapore.

Baca juga: Piala AFF, Media Singapura Patah Hati Timnasnya Kalah Tragis dari Indonesia

"Situasi memanas di waktu tambahan babak pertama. Wasit asal Oman Qasim Matar Ali Al Hatmi, yang sudah membuat marah para suporter tuan rumah dengan beberapa keputusan meragukan terhadap The Lions, melihat Safuwan bersikap agresif dengan seorang bek Indonesia sebelum tendangan bebas dilakukan dari sayap kanan," tulis Yahoo! News Singapore.

"Wasit memanggil kedua pemain untuk tetap tenang, tetapi mereka kembali berseteru. Al Hatmi meniup peluit lagi, dan kali ini mengeluarkan kartu kuning kedua untuk Safuwan, yang sebelumnya sudah diperingatkan karena beradu argumen dengan wasit."

Dalam artikel berjudul AFF Suzuki Cup: 8-man Singapore exit after valiant battle against Indonesia in 2-4 loss, disebutkan pula bahwa keputusan kontroversial itu disambut dengan amarah para pemain Singapura.

Ketegangan juga sempat terjadi antara pelatih Indonesia Shin Tae-yong dan juru taktik tuan rumah Tatsuma Yoshida jelang turun minum.

Media Perancis AFP turut menyebut kartu merah Safuwan Baharudin kontroversial, dalam artikel berjudul Indonesia score in extra time to overcome Singapore in Suzuki Cup semi-final.

"Singapura mendapat pukulan telak di waktu tambahan ketika Safuwan Baharudin secara kontroversial diusir dari lapangan setelah mendapat kartu kuning kedua usai berseteru dengan bek Indonesia," tulisnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.