Pfizer: Vaksin Baru Siap dalam 100 Hari jika Varian Covid-19 Omicron Kebal oleh Suntikan Sekarang

Kompas.com - 29/11/2021, 16:19 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19. SHUTTERSTOCK/ M-FOTOIlustrasi vaksin Covid-19.

NEW YORK, KOMPAS.com - Pfizer menyatakan, mereka siap menyediakan vaksin baru dalam 100 hari jika varian Covid-19 Omicron kebal oleh suntikan saat ini.

Galur terbaru, sebelumnya dikenal dengan kode B.1.1.529, menampilkan mutasi yang membuat banyak peneliti khawatir.

Berdasarkan penelitian awal, varian yang pertama terdeteksi di Afrika bagian selatan itu meningkatkan risiko terpapar kembali.

Baca juga: Dokter Penemu Varian Omicron: Gejalanya Berbeda dengan Delta

Selain itu, terdapat kekhawstiran varian Omicron kebal terhadap vaksin yang saat ini sudah disuntikkan ke miliaran orang.

Pfizer dan BioNTech menyatakan, mereka akan memulai pengembangan dan produksi vaksin yang dibuat berdasarkan varian B.1.1.529 dalam 100 hari, tergantung aturannya.

Raksasa farmasi lainnya, Moderna, mengatakan telah mengembangkan strategi komprehensif menghadapi varian baru sejak awal 2021.

Dilaporkan Sky News Sabtu (27/11/2021), mereka menawarkan tiga level respons jika kekebalan vaksin mereka terhadap Omicron berkurang.

Novavax menerangkan, mereka telah memulai penelitian dan pembuatan vaksin berdasarkan urutan genetik dari B.1.1.529.

Perusahaan bioteknologi yang bermarkas di Maryland tersebut berujar, bakal menggelar tes dan pengemasan dalam beberapa pekan ke depan.

Sebelumnya pada Jumat (26/11/2021), Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan B.1.1.529 adalah varian yang kini mereka beri perhatian serius.

Karena itu,mereka mengumumkan varian Covid-19 tersebut Omicron, yang diambil dari huruf di alfabet Yunani.

Sejumlah negara ramai-ramai melakukan pembatasan perjalanan dari dan ke Afrika Selatan, maupun negara yang terkonfirmasi terinfeksi.

Baca juga: Swiss Laporkan Kemungkinan Kasus Varian Omicron Pertama

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.