Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Simpsons Episode Tiananmen Hilang dari Disney+ di Hong Kong

Kompas.com - 29/11/2021, 15:56 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

HONG KONG, KOMPAS.com - Episode serial kartun The Simpsons ketika keluarga Amerika itu mengunjungi Lapangan Tiananmen, menghilang dari platform streaming Disney+ di Hong Kong.

Hilangnya satu episode The Simpsons ini terjadi saat pihak berwenang menekan perbedaan pendapat dan pembatasan berbicara di Hong Kong, pusat bisnis internasional dan raksasa teknologi.

Disney+ membuat kemajuan pesat sejak diluncurkan 18 bulan lalu, menjangkau lebih dari 116 juta pelanggan di seluruh dunia.

Versi Hong Kong-nya mulai tayang awal bulan ini dan pelanggan langsung curiga karena The Simpsons episode 12 season 16 tidak ada.

Baca juga: Pilpres AS 2020 Diprediksi The Simpsons Edisi 2012, Petanya Sangat Mirip

Pertama kali ditayangkan pada 2005, episode ini menampilkan perjalanan keluarga itu ke China, ketika saudara perempuan Marge Simpson hendak mengadopsi bayi.

Dalam satu adegan, The Simpsons berada di Lapangan Tiananmen Beijing, tempat penumpasan maut 1989 terhadap pengunjuk rasa demokrasi.

Kartun itu menunjukkan papan tanda di sana yang berbunyi, "Di situs ini, tahun 1989, tidak ada yang terjadi", sebuah satir terhadap kampanye China untuk menghapus memori kelam di Tiananmen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com