Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Rilis Rekaman Suara "Menakutkan" dari Mars

Kompas.com - 20/10/2021, 18:50 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Daily Mail

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - NASA merilis rekaman "suara menakutkan Mars" yang didapat dari dua mikrofon yang dipasang di kendaraan antariksa yang tiba di Planet Merah sejak Februari.

"Suara menakutkan Mars" tersebut didapat dari sepasang mikrofon pada kendaraan antariksa penjelajah NASA, Perseverance, seperti yang dilansir dari Daily Mail pada Selasa (19/10/2021). 

Kendaraan antariksa penjelajah Mars merekam suara perjalanan di kawah Jezero selama 8 bulan untuk mencari kemungkinan tanda-tanda kehidupan purba, sambil mengambil foto-foto menakjubkan.

Perseverance adalah pesawat pertama yang merekam suara di Mars, seperti mendengarkan angin, dan memberikan informasi lainnya tentang atmosfer.

Baca juga: Elon Musk Berambisi Bangun Pabrik Tesla di Mars Sebelum Mati

Dari analisis rekaman suara Mars, mengungkapkan bahwa di sana memiliki "getaran bass yang kuat", kata peneliti dari L'Institut de Recherche en Astrophysique et Planétologie di Toulouse, Perancis.

Rekaman suara itu juga membantu para insinyur NASA memantau mesin, roda, dan pengoperasian umum helikopter Perseverance dan Ingenuity. Selain itu, mengajarkan para ilmuwan tentang perubahan atmosfer planet.

NASA menyebutkan bahwa sejauh ini hampir 5 jam dua mikrofon di Perseverance merekam suara di Mars.

Rekaman suara itu mendengarkan adanya hembusan angin Mars, roda bajak berderak di atas kerikil, dan motor berputar saat helikopter Ingenuity bergerak di udara.

Suara ini memungkinkan para ilmuwan dan insinyur untuk merasakan Planet Merah dengan cara baru, menurut Baptiste Chide, seorang ilmuwan planet dari Perancis.

Baca juga: NASA Rilis Foto Panorama Mars, Tunjukkan Bekas Titik Air

"Suara Mars memiliki getaran bass yang kuat, jadi ketika Anda memakai headphone, Anda benar-benar dapat merasakannya," jelasnya.

"Saya pikir mikrofon akan menjadi aset penting untuk Mars di masa depan dan ilmu tata surya," ucapnya.

Mikrofon pada kendaraan antariksa penjelajah tersebut berada di dua sisi kendaraan antariksa.

Mikrofon pertama berada di sisi chassis kendaraan antariksa penjelajah dan mikrofon kedua berada di tiang sebagai pelengkap instrumen laser SuperCam.

SuperCam mempelajari batuan dan tanah dengan menyetrumnya dengan laser, lalu menganalisis uap yang dihasilkan dengan kamera.

Baca juga: 18 Agustus dalam Sejarah: Bulan Phobos Planet Mars Ditemukan pada 1877

Karena laser berdenyut hingga ratusan kali per target, peluang untuk menangkap suara zap tersebut dengan cepat bertambah, mikrofon telah merekam lebih dari 25.000 tembakan laser.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com