Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Anjing Terjebak Lava Gunung Berapi di La Palma Coba Diselamatkan Pakai Drone

Kompas.com - 20/10/2021, 18:11 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN

MADRID, KOMPAS.com - Sebuah operator drone (pesawat tak berawak) Spanyol pada Selasa (19/10/2021) menerima izin untuk mencoba menyelamatkan beberapa anjing kurus, yang terperangkap di dekat gunung berapi di Kepulauan Canary.

Tim penyelamat akan mencoba menangkap anjing-anjing itu dengan jaring yang dikendalikan dari jarak jauh dan menerbangkannya di atas aliran lava.

Baca juga: Alami 100 Gempa Bumi, Gunung Berapi di La Palma Muntahkan “Tsunami Lava”

Ketiga anjing tersebut telah terdampar selama berminggu-minggu di sebuah halaman kosong yang tertutup abu vulkanik di pulau La Palma.

Selama beberapa waktu terakhir, mereka diberi makan menggunakan drone yang menjatuhkan paket makanan. Tetapi sampai sekarang tidak ada yang bisa menemukan cara untuk menyelamatkan mereka.

Helikopter dilarang terbang ke daerah tersebut karena gas panas yang dapat merusak baling-balingnya.

Setelah mengevaluasi misi penyelamatan yang diusulkan, otoritas darurat mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka memutuskan untuk mengizinkan operasi penyelamatan.

Jaime Pereira, CEO operator drone Aerocamaras, mengatakan berencana mengirim drone seberat 50 kilogram (110 pon) yang dilengkapi dengan jaring lebar untuk mencoba menjebak anjing-anjing itu, satu per satu.

Mereka kemudian akan menerbangkannya ke tempat yang aman, sejauh 450 meter (1.476). kaki) jauh di atas lava yang mengalir.

Baca juga: Lava Gunung Berapi di La Palma Menuju Laut, Bahaya Gas Beracun Mengintai Spanyol

"Ini pertama kalinya seekor hewan diselamatkan dengan drone dan pertama kalinya mereka harus ditangkap," kata Pereira kepada Reuters.

"Jika itu pilihan terakhir yang dimiliki anjing-anjing itu? Lalu kita akan mengejar mereka."

Operator hanya memiliki waktu empat menit untuk memancing seekor anjing ke jaring, dan empat menit lagi untuk menerbangkannya.

"Yang tidak kami inginkan adalah kehabisan baterai saat terbang di atas lahar," kata Pereira.

Uji terbang masih terus dilakukan. Pada akhirnya, misi tergantung pada bagaimana anjing akan merespons mesin, kata Pereira.

“Mereka sudah makan sangat sedikit selama berminggu-minggu. Mereka mungkin datang, atau menjadi takut dengan drone. Kami sangat bergantung pada reaksi mereka.

Baca juga: Inilah Gunung Tinggi di Dunia yang Tak Boleh Didaki

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com