Kompas.com - 20/10/2021, 17:25 WIB
Serdadu Bundeswehr, atau Angkatan Bersenjata Jerman, mendapat pengarahan dalam Operasi Darat 2017 di kamp militer di Munster, utara Jerman. (13/10/2017) PATRIK STOLLARZ/AFPSerdadu Bundeswehr, atau Angkatan Bersenjata Jerman, mendapat pengarahan dalam Operasi Darat 2017 di kamp militer di Munster, utara Jerman. (13/10/2017)

BERLIN, KOMPAS.com – Dua mantan pasukan Jerman alias Bundeswehr ditahan karena diduga kuat berupaya membentuk unit tentara bayaran yang terdiri atas mantan tentara atau polisi.

Penyataan tersebut disampaikan seorang jaksa federal Jerman pada Rabu (20/10/2021) sebagaimana dilansir DW.

Kedua mantan tentara tersebut masing-masing bernama Arend-Adolf G dan Achim A. Keduanya ditangkap pihak berwenang di Jerman selatan.

Baca juga: Mayat Wanita Ditemukan di Belanda Setelah Hanyut 300 Km dalam Banjir Jerman

Keduanya berupaya membentuk unit paramiliter atau tentara bayaran dengan motif potensi pendapatan senilai 40.000 euro (Rp 657 juta) per bulan untuk setiap anggota satuan.

Unit itu direncanakan berisi antara 100 dan 150 tentara bayaran dan berada di bawah komando kedua pria yang telah ditangkap tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut jaksa, kedua pria itu ingin mengerahkan unit yang mereka bentuk untuk melancarkan operasi tempur dalam perang saudara di Yaman.

Mereka bertujuan memenangi konflik tersebut lalu memaksa pemberontak Houthi dan pemerintah Yaman untuk berunding.

Di Yaman, perang saudara berkecamuk selama bertahun-tahun di mana pemberontak Houthi, telah memerangi pemerintah.

Baca juga: Biografi Friedrich Nietzsche, Filsuf Kenamaan Jerman

Potensi kematian warga sipil

Kedua pria itu sadar bahwa unit yang mereka bentuk harus melakukan pembunuhan selama operasi dengan warga sipil juga bisa terbunuh atau terluka.

Jaksa menambahkan, para tersangka juga memiliki rencana agar kelompok itu bertindak sebagai tentara bayaran dalam konflik lain.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.