Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Azan Masjid Terbesar Jerman Diizinkan Siarkan Lewat Pengeras Suara

Kompas.com - 12/10/2021, 03:53 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber Al Jazeera

BERLIN, KOMPAS.com - Masjid terbesar Jerman akan diizinkan menyiarkan azan melalui pengeras suara pada Jumat sore waktu setempat (15/10/2021), setelah otoritas kota Cologne dan komunitas Muslim sepakat melonggarkan pembatasan.

Pada Senin (11/10/2021), diputuskan semua 35 masjid di Cologne akan diizinkan untuk menyiarkan azan hingga lima menit antara siang dan pukul 3 sore, di bawah inisiatif dua tahun.

Baca juga: Mnet Berulah Lagi, Remix Adzan untuk Pembuka Acara Survival Dance

Masjid yang diizinkan siarkan azan itu di antaranya adalah Masjid Pusat Cologne, yang dibuka pada 2018 setelah menjadi titik konflik anti-Muslim dari partai sayap kanan yang tumbuh lebih kuat setelah masuknya pencari suaka pada 2015-2016.

“Mengizinkan panggilan muazin (azan) bagi saya adalah tanda hormat,” tulis Wali kota Cologne Henriette Reker di Twitter, seperti dilansir Al Jazeera pada Senin (11/10/2021).

Panggilan azan shalat akan bisa terdengar sama dengan lonceng katedral Cologne, gereja Gotik terbesar di Eropa utara, saat orang-orang tiba di stasiun kereta api utama kota, kata Henriette Reker.

Baca juga: Antre Berjam-jam demi Bahan Bakar, Warga Lebanon Ramai-ramai Shalat di Pom Bensin

“Ini (izin siarkan azan) menunjukkan bahwa keragaman dihargai dan hidup di Cologne,” ujarnya.

Selama kontroversi seputar pembangunan masjid besar, Masjid Pusat Cologne, para pendukung meyakinkan publik bahwa tidak akan secara rutin menyiarkan panggilan shalat atau azan, yang dikumandangkan lima kali sehari di negara-negara Muslim.

Kota itu mengatakan, masjid yang ingin menyiarkan panggilan pada Jumat sore harus mematuhi batasan volume pengeras suara mereka, dan memberi tahu tetangga sekitar sebelumnya.

Di Jerman, ada sekitar 4,5 juta Muslim tinggal sebagai kelompok minoritas agama terbesar.

Baca juga: Jemaah Shalat Jumat Masjid Ibrahim di Hebron Diserang Pasukan Keamanan Israel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Jazeera
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com