Mengenal Divya, Mesin Cuci Tanpa Listrik yang Diputar dengan Tangan

Kompas.com - 28/09/2021, 17:11 WIB
Seorang perempuan mengoperasikan Divya, mesin cuci tanpa listrik yang diputar dengan tangan. NAVJOT SAWHNEY via BBC INDONESIASeorang perempuan mengoperasikan Divya, mesin cuci tanpa listrik yang diputar dengan tangan.

BAGHDAD, KOMPAS.com - Para pengungsi dan kelompok-kelompok marjinal yang kesulitan mencuci pakaian sekarang bisa terbantu dengan mesin cuci yang diputar tangan, yang diciptakan oleh warga Inggris, Navjot Sawhney.

Divya, demikian nama mesin cuci bertenaga tangan ini, dibuat di Inggris dan sudah dikirim ke berbagai tempat yang tak memiliki akses air maupun listrik, kondisi yang memaksa pengungsi dan kelompok-kelompok marjinal lain mencuci pakaian secara manual.

Salah satu penerima Divya adalah pengungsi di Irak.

Baca juga: Catat, Cara Merawat Mesin Cuci agar Tetap Awet dan Efektif

"Puas sekalinya rasanya melihat mereka bisa kembali mencuci pakaian dengan mudah," kata Sawhney.

Ia menambahkan, mesin cuci bertenaga tangan yang ia buat seperti "mengembalikan martabat" yang selama ini hilang.

"Di berita, mereka ini seperti hidup susah di kawasan yang bergolak, tapi sejatinya mereka ini juga seperti kita, ingin hidup normal," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Navjot Sawhney bersama seorang perempuan yang menerima mesin cuci Divya. Mesin cuci ini telah dipesan oleh lebih dari 15 negara.NAVJOT SAWHNEY via BBC INDONESIA Navjot Sawhney bersama seorang perempuan yang menerima mesin cuci Divya. Mesin cuci ini telah dipesan oleh lebih dari 15 negara.
"Ini adalah kunjungan saya ke Irak yang ketiga. Setiap kali saya ke sini, saya selalu belajar hal-hal yang baru," kata Sawhney.

Selain pengungsi, yang juga menerima mesin cuci murah ini adalah penyandang disabilitas, perempuan penyintas kekerasan dalam rumah tangga, dan orang-orang yang pernah ditawan oleh kelompok teroris.

Cuci manual boros waktu, tenaga, dan air

Sawhney terbang ke Irak untuk membagikan mesin cuci Divya.

Ia bertemu dengan keluarga-keluarga yang masih mencari anggota mereka yang hilang, beberapa di antara mereka mengalami trauma berat dan mengenaskan.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.