Kompas.com - 28/09/2021, 16:37 WIB
Hasil Pemilu Jerman nantinya akan menentukan komposisi Bundestag. GETTY IMAGES/A BERRY via DW INDONESIAHasil Pemilu Jerman nantinya akan menentukan komposisi Bundestag.

BERLIN, KOMPAS.com - Para pemimpin dunia memberikan pandangan mereka tentang hasil pemilu Jerman, yang sejauh ini hasil perolehan suaranya dimenangkan oleh Partai Sosial Demokrat (SPD).

Beberapa negara yakin pemerintahan baru Jerman akan menjadi kelanjutan dari 16 tahun pemerintahan Kanselir Jerman Angela Merkel. Sementara yang lainnya melihat kemungkinan pemerintahan koalisi baru di bawah kandidat kanselir Partai SPD Olaf Scholz, sebagai peluang untuk kerja sama yang lebih besar.

Berikut adalah reaksi para pemimpin dunia terhadap hasil pemilu Jerman 2021.

Baca juga: Hasil Pemilu Jerman Sangat Ketat, Ketidakpastian Selimuti Siapa Pengganti Angela Merkel

Amerika Serikat

"Saya cukup terkejut .. mereka solid," ujar Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ketika ditanya oleh wartawan tentang hasil pemilu Jerman yang diungguli oleh Partai SPD.

Biden menyatakan keinginan untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan Jerman, setelah hubungan sebelumnya renggang di bawah pemerintahan mantan Presiden Donald Trump.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

China

"Kami berharap pemerintah baru Jerman melanjutkan kebijakan China yang pragmatis dan seimbang," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying, pada Senin (27/9/2021).

Selama masa jabatan Merkel, hubungan ekonomi Jerman-China telah tumbuh lebih erat, dengan perusahaan-perusahaan besar Jerman seperti Siemens dan Volkswagen mengembangkan pijakan yang kuat di negara itu.

Namun, pada saat yang sama, kandidat Kanselir Partai Hijau Annalena Baerbock menyerukan agar Jerman lebih keras terhadap pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Cina, seperti perlakuan terhadap Muslim Uighur.

Baca juga: Hasil Pemilu Jerman Superketat, Begini Cara Menentukan Kanselir Baru

Eropa Barat

Menteri Urusan Eropa Clement Beaune dari Perancis mengatakan hasil pemilu menandakan "stabilitas dan kontinuitas."

"Ini adalah negara, tetangga dekat kita, yang sangat mementingkan moderasi, stabilitas, dan kontinuitas," kata Beaune kepada media France 2.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.