Mulai November, Warga Australia Bisa Tes Rapid Antigen di Rumah

Kompas.com - 28/09/2021, 16:52 WIB
Tes antigen cepat akan bisa digunakan oleh warga di Australia mulai 1 November. FICKR/MARCO VERCH via ABC INDONESIATes antigen cepat akan bisa digunakan oleh warga di Australia mulai 1 November.

CANBERRA, KOMPAS.com - Mulai bulan November warga Australia akan bisa melakukan tes antigen untuk Covid-19 di rumah masing-masing, setelah peralatan yang hendak dipakai tes disetujui oleh Badan Pengawasan Obat-obatan Australia (TGA).

Tes antigen cepat, atau rapid antigen, sudah luas digunakan di berbagai negara di Eropa, Amerika Serikat, juga di Indonesia, dengan hasil yang bisa diketahui dalam waktu 20 menit, meski dianggap kurang akurat dibandingkan dengan tes PCR.

Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt mengatakan perusahaan pembuat tes bisa mengajukan permohonan agar tes ini bisa digunakan di rumah dan persetujuan diperkirakan akan dikeluarkan di bulan Oktober.

Baca juga: Pelajar Internasional yang Divaksin Sinovac Belum Bisa Kembali ke Australia

"Peralatan tes yang bisa dilakukan di rumah akan tersedia sejak 1 November, tentu saja dengan syarat peralatan tes tersebut sudah mengalami peningkatan mutu keamanan dan tingkat efektivitas," kata Menteri Hunt.

Belum ada keterangan berapa harga alat tes antigen cepat, tapi rencananya akan tersedia di supermarket atau apotik.

Di negara lain harga alat rapid antigen relatif murah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Singapura, misalnya, harganya sekitar Rp 100.000, bahkan Pemerintah Singapura baru-baru ini memberikannya gratis bagi siapa pun yang membutuhkan.

Di Inggris harganya berkisar antara Rp 400.000 sampai Rp 1 juta, sementara di Amerika Serikat sekitar Rp 400.000.

Warga Melbourne boleh melakukan pergerakan sejauh 15 km dari rumah mereka mulai hari Rabu.ABC NEWS.DARRYL TORPY via ABC INDONESIA Warga Melbourne boleh melakukan pergerakan sejauh 15 km dari rumah mereka mulai hari Rabu.
Vaksinasi di Victoria mencapai 80 persen

Munculnya berita mengenai penggunaan tes antigen cepat di Australia bertepatan dengan naiknya angka vaksinasi di beberapa negara bagian dengan rencana akan lebih banyak pelonggaran aturan Covid-19.

Di negara bagian Victoria dengan ibu kota Melbourne, misalnya, Menteri Utama Daniel Andrews mengatakan tingkat vaksinasi dosis pertama diperkirakan mencapai angka 80 persen, hari Selasa ini (28/9/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.