Menang Tipis, Calon Kanselir Jerman Ini Bersiap Membentuk Koalisi Pemerintahan

Kompas.com - 28/09/2021, 13:30 WIB
Menteri Keuangan sekaligus kandidat kanselir baru dari Partai Sosial Demokratik (SPD), Olaf Scholz, saat kampanye jelang pemilu Jerman di Teltow, 14 September 2021. DPA/BRITTA PEDERSEN via APMenteri Keuangan sekaligus kandidat kanselir baru dari Partai Sosial Demokratik (SPD), Olaf Scholz, saat kampanye jelang pemilu Jerman di Teltow, 14 September 2021.

BERLIN, KOMPAS.com - Calon kanselir Jerman Olaf Scholz menyatakan akan mencoba membentuk koalisi tiga partai untuk membentuk pemerintahan.

Partainya Sosial Demokrat (SDP) mengalahkan blok Union milik Angela Merkel dengan raihan 206 berbanding 196 kursi parlemen.

Karena tidak ada yang memeroleh 368 guna mengamankan status mayoritas, dibutuhkan aliansi dengan partai lain.

Baca juga: Hasil Pemilu Jerman Superketat, Begini Cara Menentukan Kanselir Baru

Scholz mengatakan, dia akan mencoba untuk membentuk persekutuan dengan Gruene (Partai Hijau) dan liberal Demokrat Pembebasan (FDP).

Dia berharap aliansi pemerintahan itu kelar sebelum Natal, dengan CDU/CSU untuk kali pertama dalam 16 tahun terakhir menjadi oposisi.

"Para pemilih sudah mengutarakan maksud mereka dengan sangat jelas," kata Scholz seperti dilansir Sky News Senin (27/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menteri Keuangan sekaligus Wakil Kanselir Jerman ini berkata para pemilih sudah mendukung partainya, Gruene, dan FDP.

"Ini mandat yang sudah jelas diberikan oleh para pemilih negeri ini: ketiganya harus menjadi pemerintahan selanjutnya," tegasnya.

Tetapi pemimpin CDU/CSU Armin Laschet juga menegaskan intensinya untuk membentuk pemerintahan, meski perolehan suaranya begitu buruk.

Opsi lain untuk membentuk pemerintahan adalah kembali menggalang "koalisi raksasa", berisi Union dan SDP.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.