Hasil Pemilu Jerman Sangat Ketat, Ketidakpastian Selimuti Siapa Pengganti Angela Merkel

Kompas.com - 27/09/2021, 10:47 WIB
Kanselir Jerman Angela Merkel. AFPKanselir Jerman Angela Merkel.

BERLIN, KOMPAS.com – Hasil pemilu Jerman pada Minggu (26/9/2021) masih sangat ketat, sehingga siapa pengganti Kanselir Jerman Angela Merkel belum dapat diketahui dalam waktu dekat.

Dari 100 persen hasil pemilu Jerman 2021 yang telah masuk, Partai Sosial Demokrat (SPD) menang sangat tipis. Partai berhaluan kiri-tengah itu unggul dengan 25,7 persen suara atau 205 kursi parlemen.

Aliansi konservatif Kristen Demokrat/Kristen Sosial (CDU/CSU) yang memimpin Jerman selama 16 tahun terakhir terpaut hanya 1,6 persen dengan raihan 24,1 persen. Partai Merkel ini diproyeksikan akan mendapatkan 194 kursi.

Baca juga: Pemilu Jerman: Partai Angela Merkel Kalah Tipis, Sosial Demokrat Bangkit

Calon kanselir kedua partai, Olaf Scholz (SPD) dan Armin Laschet (CDU/CSU), sama-sama mengeklaim kemenangan di pemilu Jerman dan mandat untuk membentuk pemerintahan baru.

Bagi SPD, hasil pemilu Jerman kali ini adalah yang terbaik sejak pemilu 2005 yang juga kali terakhir mereka memegang kursi kanselir.

Hanya dalam waktu tiga bulan, Olaf Scholz melipatgandakan dukungan SPD yang sempat terpuruk hingga 15 persen. Sosoknya yang tenang dan meyakinkan seperti Angela Merkel menjadi kunci kemenangan mengejutkan SPD.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebaliknya, bagi CDU/CSU ini adalah hasil terburuk dalam sejarah pemilu Jerman. Perolehan suara aliansi yang kerap disebut Union ini terjun bebas anjlok hingga 9 persen dibanding pemilu 2017.

Armin Laschet (tengah) Gubernur negara bagian Rhine-Westphalia Utara Jerman dan kandidat utama Demokrat Kristen Jerman untuk pemilu Jerman, tertawa di Erftstadt, Jerman, Sabtu, 17 Juli 2021.AP PHOTO/MARIUS BECKER Armin Laschet (tengah) Gubernur negara bagian Rhine-Westphalia Utara Jerman dan kandidat utama Demokrat Kristen Jerman untuk pemilu Jerman, tertawa di Erftstadt, Jerman, Sabtu, 17 Juli 2021.
Keterpurukan Union tidak terlepas dari penampilan buruk Laschet sepanjang masa kampanye pemilu Jerman 2021.

Blunder demi blunder politik Gubernur negara bagian North Rhine-Westphalia ini di antaranya tertawa di lokasi banjir memicu kegeraman rakyat Jerman.

Baca juga: Pemilu Jerman: Profil Armin Laschet, Calon Kanselir Baru yang Kerap Membalik Prediksi

Kingmaker di pemilu Jerman 2021: Partai Hijau dan FDP

Hasil pemilu Jerman 2021 menandai dimulainya era baru perpolitikan Jerman. Kombinasi perolehan suara Union dan SPD, dua partai terbesar Jerman, menyentuh titik terendah dalam sejarah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.