Kompas.com - 24/09/2021, 09:14 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Pemilihan umum yang akan dilangsungkan 26 September mendatang akan menentukan siapa saja yang bakal duduk di parlemen Jerman, Bundestag. Kemudian Bundestag akan memilih pemimpin pemerintahan, yaitu Kanselir.

Sistem pemilu di Jerman adalah campuran dari sistem proporsional dan sistem pemilihan langsung. Artinya, setiap pemilih Jerman memiliki dua suara.

Dengan suara pertama mereka memilih nama kandidat yang mereka inginkan sebagai wakil rakyat (pemilihan langsung), dengan suara kedua mereka memilih partai politik (pemilihan proporsional).

Baca juga: Jelang Pemilu Jerman, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui

Siapa yang punya hak pilih?

Pemilih adalah semua warga Jerman yang genap berusia 18 tahun pada hari pemilihan, sedikitnya pada tiga bulan terakhir tinggal di Jerman, dan tidak sedang dicabut hak pilihnya.

Berbeda dengan Indonesia, Jerman tidak melaksanakan pemungutan suara di luar negeri. Mereka yang tinggal di luar negeri bisa mengajukan permohonan ikut pemilu lewat pos.

Menurut data statistik aktual, ada 60,4 juta orang yang berhak memilih dalam pemilu Jerman 2021. Dari jumlah tersebut, 31,2 juta adalah perempuan dan 29,2 juta adalah laki-laki, dengan sekitar 2,8 juta pemilih pemula.

Lebih dari sepertiga pemilih berusia di atas 60 tahun, yang berarti generasi yang lebih tua punya peluang besar menentukan hasil pemilu.

Tingkat partisipasi pada pemilu Jerman tahun 2017 adalah sekitar 70 persen. Jumlah pemilih terbanyak ada di negara bagian Nordrhein-Westafalen (NRW).

 

DW INDONESIA Tingkat partisipasi pemilu di Jerman 1949-2017.
Setiap pemilih punya dua suara

Dengan suara pertama, pemilih memilih nama calon wakil rakyat yang diajukan masing-pasing partai di daerah pemilihan mereka. Seluruhnya ada 299 daerah pemilihan, di setiap daerah pemilihan diperebutkan 1 kursi untuk pemilihan langsung.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.