Kompas.com - 23/09/2021, 13:19 WIB
Stahlhelm Jerman. National Museum of American HistoryStahlhelm Jerman.

KOMPAS.com - Stahlhelm, yang juga berarti helm baja, dikenal sebagai jenis tutup kepala militer Jerman khusus yang terbuat dari baja.

Helm ini dipakai untuk memberikan perlindungan terhadap pecahan peluru dan pecahan granat.

Dikutip dari Wikipedia, istilah Stahlhelm mengacu pada helm baja generik dan lebih khusus lagi, pada desain militer Jerman yang khas.

Baca juga: Helm 335 dan Sederet Kenangan Panglima TNI Saat Jalani Pendidikan Akmil

Tentara negara-negara besar Eropa memperkenalkan helm jenis ini selama Perang Dunia I.

Angkatan Darat Jerman mulai mengganti Pickelhaube, helm berduri dari kulit tradisional, dengan Stahlhelm pada tahun 1916.

Stahlhelm, dengan bentuk "coal scuttle" yang khas, langsung dikenali dan menjadi elemen umum propaganda, seperti Pickelhaube.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nama itu juga digunakan oleh Der Stahlhelm, organisasi mantan prajurit Perang Dunia pertama Jerman yang berdiri dari tahun 1918 hingga 1935.

Setelah Perang Dunia II, Bundeswehr atau Angkatan Bersenjata Federal Jerman, terus menyebut helm standar mereka dengan nama Stahlhelm, tetapi desainnya didasarkan pada helm M1 Amerika.

Baca juga: Rossi Pakai Helm Warna Pink di GP San Marino, Persembahan buat Anaknya

Bundesgrenzschutz atau Federal Border Service, terus menggunakan desain asli Jerman, hingga kedua pasukan beralih ke helm yang lebih baru.

Pada awal Perang Dunia I, tidak ada satu pun dari para pejuang yang diberi pelindung kepala dalam bentuk apa pun selain topi kain dan kulit, yang dirancang paling banyak untuk melindungi dari potongan pedang.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber wikipedia
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.