Bandara Kabul Dibuka Kembali untuk Terima Bantuan bagi Warga Afghanistan

Kompas.com - 05/09/2021, 07:47 WIB
Anggota unit militer Taliban Badri 313 berjaga di pos pemeriksaan saat pekerja bandara mengantri untuk masuk ke Bandara Internasional Kabul di Kabul pada 4 September 2021. AFP PHOTO/AAMIR QURESHIAnggota unit militer Taliban Badri 313 berjaga di pos pemeriksaan saat pekerja bandara mengantri untuk masuk ke Bandara Internasional Kabul di Kabul pada 4 September 2021.

KABUL, KOMPAS.com - Bandara Kabul dibuka kembali untuk menerima bantuan oleh tim teknis, dan akan segera disiapkan untuk penerbangan sipil, menurut duta besar Qatar untuk Afghanistan.

Landasan pacu di bandara Kabul telah mendapat perbaikan bekerja sama dengan pihak berwenang di Afghanistan, tambah duta besar pada Sabtu (4/9/2021).

Baca juga: 17 Tewas dan 41 Terluka akibat Tembakan Perayaan Taliban Usai Klaim Rebut Panjshir

Sementara itu, Kongres Amerika Serikat diperkirakan akan mendanai pekerjaan kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Afghanistan, ketika badan dunia itu bersiap membahas bantuan untuk negara yang dilanda perang tersebut.

Pejabat AS menyatakan bantuan itu tidak mungkin secara langsung mendanai pemerintah baru yang dipimpin Taliban.

Sekjen PBB Antonio Guterres melakukan perjalanan ke Jenewa, untuk mengadakan konferensi tingkat tinggi tentang bantuan bagi warga Afghanistan pada 13 September.

Taliban belum membentuk pemerintahan, tetapi ada laporan bahwa pengumuman akan segera dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kabar ini dilaporkan ketika pertempuran berlanjut antara Taliban dan pejuang perlawanan Afghanistan di Lembah Panjshir di utara Kabul.

Konfrontasi keduanya meningkatkan kekhawatiran akan lebih banyak warga sipil yang mengungsi. Lembah Panjshir adalah provinsi terakhir di Afghanistan yang bertahan melawan Taliban.

Baca juga: Taliban Klaim Merebut Lembah Panjshir dari Kelompok Perlawanan Afghanistan

Al Jazeera melaporkan pada Minggu (5/9/2021), Ariana Afghan Airlines melanjutkan beberapa penerbangan di Afghanistan antara Kabul dan tiga kota provinsi besar, klaimmaskapai itu.

Aktivitas penerbangan itu dilakukan setelah tim teknis dari Qatar membuka kembali bandara ibu kota untuk bantuan dan layanan domestik.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.