Warga yang Selamat dari Gempa Haiti Khawatir Jadi Korban Tewas Selanjutnya karena Kelaparan

Kompas.com - 20/08/2021, 13:20 WIB

PORT-AU-PRINCE, KOMPAS.com - Setiap orang yang selamt dari gempa Haiti 7,2 magnitudo, sekarang khawatir korban tewas makin bertambah, karena bantuan kebutuhan pokok tak kunjung datang.

Gempa 7,2 magnitudo pada 14 Agustus di kota Les Cayes telah menewaskan lebih dari 2.000 orang dan banyak bangunan ambruk, mungkin satu dari 6 bangunan sudah ambruk.

Kota itu sudah tidak dapat dikenali. Perjalanan menuju kota itu dilanda tanah longsor, retakan besar di jalan-jalan, sulit menemukan rumah yang berdiri utuh.

Baca juga: Terbaru, Korban Tewas Gempa Haiti Capai 2.189 Orang

Salah satu desa yang sangat mengalami kehancuran parah adalah desa Marceline, yang ditandai dengan tanah longsor, dan retakan besar di jalan. Pengemudi terkadang memperlambat mobil hingga berhenti, sehingga dia dapat mengatasi retakan.

Kelly Phildor, seorang anak 15 tahun yang mempersiapkan sekolah ajaran baru, adalah salah satu dari banyaknya korban tewas karena gempa itu.

Ia yang masih muda dan suka usil, memiliki nama julukan Kelly Forever, yang tertulis di kaosnya.

"Saya tidak percaya hidupnya pendek," kata ibunya Marie Rose, seperti yang dilansir dari BBC pada Kamis (19/8/2021).

Kelly bangun pagi-pagi, dan meninggalkan rumahnya pada Sabtu pagi waktu setempat (14/8/2021). Tetapi, handphone-nya perlu diisi daya, jadi dia memutuskan untuk pulang ke rumah.

Baca juga: Korban Tewas Gempa Haiti Naik Menjadi 1.941 Jiwa

Tak disangka sesaat setelah itu terjadi gempa. Tembok rumahnya yang terbuat dari bongkahan semen berat dan batu ambruk menimpanya.

Gempa itu mematahkan kedua kaki dan tengkoraknya. Dia tidak punya kesempatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.