Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyaris 1.300 Orang Tewas dalam Gempa Haiti, Atlet dan Tokoh Dunia Kirim Doa dan Janji Bantuan

Kompas.com - 16/08/2021, 11:39 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Newsweek

PORT-AU-PRINCE, KOMPAS.com - Sejumlah selebriti dan tokoh dunia ikut menyoroti bencana alam gempa bumi dahsyat yang melanda Haiti pada Sabtu (14/8/2021).

Gempa berkekuatan 7,2 melanda ketika negara miskin itu terus bergulat dengan krisis Covid-19 dan pembunuhan presidennya baru-baru ini.

Nyari 1.300 orang dilaporkan tewas, sementara banyak lagi yang terluka, kata para pejabat, dan orang-orang berebut menyelamatkan mereka yang terperangkap di puing-puing bangunan yang runtuh.

Baca juga: Korban Tewas akibat Gempa Kuat di Haiti Capai 1.297 Jiwa

Bintang tenis Naomi Osaka termasuk di antara selebritas yang berbagi dukungan mereka untuk rakyat Haiti saat mereka berusaha pulih dari bencana terbaru.

Osaka, yang ayahnya orang Haiti dan ibunya orang Jepang, juga berjanji untuk menyumbangkan pendapatannya dari Western & Southern Open untuk mendukung upaya bantuan.

Ia merasa sedih melihat kehancuran di Haiti, terutama karena negara itu tampaknya dilanda bencana yang tak berkesudahan. Dia pun mengutarakan niatnya untuk menyumbangkan hadiah kemenangan dari turnamen terakhirnya untuk Haiti.

“Saya akan memainkan turnamen minggu ini dan saya akan memberikan semua hadiah uang untuk upaya bantuan untuk Haiti. Saya tahu dari darah nenek moyang kita kuat, kita akan terus bangkit."

Sementara itu, penulis keturunan Haiti-Amerika” Roxane Gay mendesak orang-orang untuk menghindari memberikan sumbangan kepada Palang Merah Amerika.

Badan amal itu tengah dalam pengawasan ketat setelah penyelidikan oleh NPR dan ProPublica yang diterbitkan pada 2015 menemukan hanya enam rumah permanen yang telah dibangun di Haiti.

Padahal Palang Merah Amerika mengumpulkan hampir 500 juta dollar AS dalam sumbangan setelah gempa bumi dahsyat pada 2010 (Rp 7,1 triliun).

Baca juga: FOTO: Hancurnya Haiti Usai Diguncang Gempa Kuat M 7,2, 304 Orang Tewas

"Ketika Anda mempertimbangkan untuk mengirim uang ke Haiti, jangan mengirim uang ke Palang Merah. Saya suka Fonkoze dan Hope for Haiti yang melakukan banyak pekerjaan hebat di lapangan, dengan upaya yang dipimpin oleh orang Haiti," tulis Gay.

Newsweek melaporkan, sebuah penyelidikan kongres mengonfirmasi bahwa Palang Merah Amerika ternyata telah menghabiskan hampir seperempat dari donasi, hampir 125 juta dollar AS (Rp 1.7 triliun), untuk pengeluaran internalnya sendiri.

Sementara itu penyenyi populer AS Cardi B berkicau: "Saya merasakan kelembutan di Haiti, itu dari orang-orangnya. Mereka sepupu saya. Saya berdoa untuk Haiti mereka melalui banyak hal. Tuhan tolong lindungi tanah itu dan orang-orangnya."

Bernice King, putri Dr Martin Luther King Jr, menulis: "Berdoa untuk #Haiti. Sangat sedih bahwa orang-orang Haiti bergulat dengan lebih banyak kehancuran."

Rapper Rick Ross menambahkan: "Haiti melahirkan orang-orang dengan jiwa yang kuat dan saya kenal beberapa. Tetapi sekarang adalah saatnya kita harus berdoa dan mengulurkan tangan kepada orang-orang dan Haiti."

Baca juga: Gempa Kuat M 7,2 Guncang Haiti, Sedikitnya 227 Orang Tewas

Halaman:
Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com