CDC Ubah Panduan, Imbau Tetap Pakai Masker Walau Sudah Divaksinasi

Kompas.com - 28/07/2021, 15:18 WIB
Memakai masker adalah salah satu protokol kesehatan yang tak boleh diabaikan di tengah lonjakan kasus Covid-19. SHUTTERSTOCK/eakkachai halangMemakai masker adalah salah satu protokol kesehatan yang tak boleh diabaikan di tengah lonjakan kasus Covid-19.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), pada Selasa (27/7/2021), mengubah panduan protokol kesehatannya.

Dilansir The Hill, CDC membalikkan panduan dua bulan lalu, dengan mengatakan orang yang divaksinasi penuh sekarang harus menutupi area tertentu.

Ini antisipasi meningkatnya ancaman yang ditimbulkan jenis baru virus corona.

Baca juga: CDC: Vaksin Covid-19 Mungkin Tidak Melindungi Orang dengan Gangguan Kekebalan

Dalam pedoman yang diperbarui, CDC menyarankan orang yang divaksinasi penuh untuk memakai masker di tempat publik, dalam ruangan, dan di beberapa bagian negara dengan tingkat penularan "substansial" atau "tinggi".

Pejabat badan itu, mengutip data, menunjukkan orang yang divaksinasi masih dapat menyebarkan varian delta, yang baru-baru ini menjadi jenis dominan Covid-19 di AS.

"Varian baru ini mengkhawatirkan dan sayangnya memerlukan pembaruan untuk rekomendasi kami," kata Direktur CDC Rochelle Walensky.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Panduan tersebut juga mengimbau semua siswa, guru, dan staf untuk memakai masker, meskipun sudah divaksinasi, untuk mengurangi potensi penyebaran.

Panduan ini memicu reaksi beragam, terutama karena orang Amerika telah diberitahu sejak pertengahan Mei, bahwa mereka dapat pergi tanpa masker di hampir semua aspek, selama mereka memiliki vaksin Covid-19.

Baca juga: CDC: Terinfeksi Covid-19 Usai Vaksin, Gejalanya Terbukti Lebih Ringan

Sementara itu, pakar kesehatan masyarakat secara luas memuji keputusan itu sebagai langkah yang tepat di tengah kasus yang melonjak.

Apalagi, kurang dari setengah populasi AS divaksinasi sepenuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Sumber The Hill
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.