Kompas.com - 24/07/2021, 22:16 WIB
Inggris baru saja mencabut sejumlah aturan pembatasan Covid-19, walaupun angka infeksi kembali naik. DW INDONESIAInggris baru saja mencabut sejumlah aturan pembatasan Covid-19, walaupun angka infeksi kembali naik.

KOMPAS.com - Separuh warga dewasa Eropa telah menerima dosis lengkap vaksin Covid-19, tapi angka infeksi harian kembali naik. Bank Sentral Eropa peringatkan potensi ketidakpastian ekonomi akibat varian Delta.

Lebih dari setengah orang dewasa Eropa saat ini telah menerima dosis penuh vaksinasi Covid-19, demikian menurut Uni Eropa pada Kamis (22/7/2021).

Saat ini negara-negara di seluruh Eropa dan Asia tengah memerangi wabah baru akibat varian Delta yang menyebar cepat.

Baca juga: Hampir Separuh Kasus Baru Covid-19 di AS Terjadi di Tiga Negara Bagian

Bank Sentral Eropa mengatakan ketidakpastian tentang perkembangan infeksi berarti otoritas harus menjaga agar kas tetap terbuka untuk memastikan agar pemulihan ekonomi yang baru saja terjadi tidak langsung padam kembali.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan kasus di negaranya meningkat secara eksponensial walaupun masih pada tingkat rendah, sementara di Jepang Olimpiade resmi dibuka tanpa penonton dan dengan aturan protokol Covid-19 yang ketat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, dunia kembali menyoroti kemungkinan asal-usul virus SARS-CoV-2 setelah WHO menyerukan audit terhadap sebuah laboratorium di China yang menjadi jantung spekulasi tentang di mana pertama kali virus ini muncul. Sorotan ini pun telah memicu tanggapan yang berapi-api dari Beijing.

Lebih dari empat juta orang telah meninggal karena virus ini sejak Desember 2019. Meski tingkat vaksinasi meningkat secara global, varian Delta telah memicu peningkatan infeksi dan mendorong pemerintah untuk menerapkan kembali langkah-langkah untuk menekang sebaran virus.

Uni Eropa mengatakan pada hari Kamis bahwa 200 juta orang Eropa telah sepenuhnya divaksinasi, ini setara dengan lebih dari setengah dari populasi orang dewasa. Namun jumlah ini masih kurang dari target 70 persen vaksinasi pada musim panas.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Vietnam Lockdown Hanoi 15 Hari

Data baru ini dirilis ketika Merkel mendesak lebih banyak orang Jerman untuk segera mengambil dosis vaksin mereka seiring dengan kembali meningkatnya kasus infeksi di Jerman.

"Kita melihat (adanya) pertumbuhan eksponensial," ujar Merkel dalam konferensi pers di Berlin.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.