Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misi Garda Nasional di Gedung Capitol Berakhir, Biden Beri Hormat

Kompas.com - 25/05/2021, 11:12 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber CNN

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan ibu negara Jill Biden pada Senin (24/5/2021) berterima kasih kepada pasukan Garda Nasional, yang dikerahkan di Gedung Capitol selama beberapa bulan terakhir.

Misi pengamanan Garda Nasional di Gedung Capitol AS berakhir pada Minggu (23/5/2021).

"Sejak kerusuhan pada 6 Januari, ribuan pasukan yang membanggakan, dari negara-negara bagian dan teritori di seluruh AS, telah berdiri mengawasi benteng demokrasi kita," ujar Biden dan istrinya dikutip dari CNN.

Baca juga: Biden Janji Bangun Ulang Gaza yang Hancur Lebur akibat Konflik Israel-Palestina

"Saat mereka sekarang kembali ke rumah dan keluarganya, kami memberi hormat kepada mereka masing-masing atas komitmen pada negara."

"Ketika tugas memanggil, anggota Garda Nasional kami menunda kepentingan mereka untuk berdiri sebagai perisai dan dukungan, saat negara membutuhkan."

Dikatakan pula bahwa tugas Garda Nasional selama setahun terakhir tidak hanya mengamankan Gedung Capitol, tapi juga membantu menangani Covid-19, kerusakan akibat badai dan kebakaran hutan, serta membantu misi perdamaian internasional.

Beau mendiang putra Biden dan Jill dulu adalah anggota Garda Nasional.

"Keluarga Biden adalah keluarga Garda Nasional, dan kami selamanya bersyukur serta kagum pada mereka yang, seperti putra kami, Beau, memahami tugas dan dinas itu."

Baca juga: Setelah Hamas-Israel Gencatan Senjata, Joe Biden Janji Pasok Iron Dome ke Tel Aviv

Beau Biden adalah kapten Garda Nasional dan jaksa agung Delaware. Dia meninggal pada 2015 dalam usia 46 tahun karena kanker otak.

Pensiunan Letnan Jenderal Russel Honore yang ditugaskan memimpin peninjauan keamanan Capitol setelah kerusuhan 6 Januari, pada Minggu mengumumkan bahwa pasukan akan meninggalkan gedung itu.

Dia memberi tahu CBS News bahwa Garda Nasional telah menyelesaikan misi mereka untuk mengamankan Gedung Capitol.

Baca juga: Erdogan: Biden Berlumur Darah karena Mendukung Israel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com