Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden Tabrakan di LRT Kelana Jaya Malaysia, 213 Orang Terluka

Kompas.com - 25/05/2021, 09:04 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Sekitar 213 orang terluka, 47 orang di antaranya terluka serius, dalam insiden tabrakan dua kereta di LRT Kelana Jaya pada Senin (24/5/2021) pukul 20.45 waktu setempat di Malaysia.

Kepala polisi Dang Wang, Mohamad Zainal Abdullah, mengatakan, semua korban dilarikan ke Rumah Sakit Kuala Lumpur dan rumah sakit terdekat lainnya untuk perawatan.

Baca juga: Rekam Polisi yang Sekarat dalam Tabrakan Mengerikan, Pria Ini Dipenjara 10 Bulan

Abdullah mengatakan bahwa tabrakan terjadi antara kereta penumpang dari arah Gombak dengan kereta kosong yang datang dari stasiun LRT Kampung Baru.

Melansir The New Straits Times (NST) pada Senin (24/5/2021), kereta kosong tersebut, kata dia, sedang uji coba karena sebelumnya ditemukan mengalami masalah.

"Berdasarkan penyelidikan awal, ada kemungkinan miskomunikasi di pusat kendali yang bisa berujung pada kecelakaan itu.

Baca juga: Misteri Tabrakan Tesla Tanpa Pengemudi, Mobil Hangus 2 Orang Tewas

Sejauh ini belum ada unsur sabotase yang teridentifikasi dalam insiden tabrakan tersebut," kata Zainal kepada wartawan di stasiun LRT KLCC di Jakarta pada Senin malam waktu setempat (24/5/2021).

Dia mengatakan, penyelidikan lebih lanjut akan dilakukan berdasarkan Pasal 201 Undang-Undang Transportasi Darat 2010 untuk mengidentifikasi unsur kelalaian terkait dengan tabrakan tersebut.

Sebelumnya, Menteri Wilayah Federal Tan Sri Annuar Musa, melalui Twitter-nya, mengatakan bahwa insiden tabrakan terjadi di jalur LRT bawah tanah di KLCC.

Baca juga: Korban Kecelakaan Kereta Taiwan Ungkap Momen Mengerikan Saat Tabrakan

Kepala urusan media Syarikat Prasarana Negara Bhd (Prasarana) Azhar Ghazali mengatakan, pengaturan transportasi alternatif dibuat untuk penumpang.

"Dengan menyesal kami menginformasiikan bahwa LRT Kelana Jaya Line mengalami kecelakaan, khususnya kereta nomor 40 dan 81. Semua penumpang yang terluka telah dievakuasi," ujar Ghazali.

"Prioritas kami memindahkan semua penumpang ke tempat aman," imbuhnya.

Baca juga: 2 Jet Tempur Taiwan Tabrakan, 1 Pilot Tewas, 1 Masih Hilang

Para penumpang kereta telah membagikan video dan gambar tentang situasi yang terjadi dalam kereta, sesaat setelah kejadian.

Salah satu gambar menunjukkan seorang penumpang yang berdarah dan terkapar di lantai kereta.

Beberapa gambar lainnya juga menunjukkan panel kaca kereta yang pecah akibat insiden tabrakan tersebut.

Baca juga: Dalam 2 Hari, 2 Kakak Adik dari 2 Keluarga Tewas Tabrakan Mobil

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com