Kompas.com - 05/05/2021, 16:43 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - "Cheugy", saat ini viral di media sosial TikTok. Sebuah slang bahasa Inggris yang dipopulerkan para anak muda generasi Z.

Apakah kamu sudah mendengaranya atau sudah sering memakainya?

"Cheugy" dibaca chew-gee, mendeskripsikan "seseorang yang ketinggalan zaman atau terlalu berlebihan (norak)".

Baca juga: Istri Polisi Thailand Pamer di TikTok Naik Helikopter Kepolisian, Pangkat Suami Langsung Diturunkan

Kata ini sering digunakan para remaja generasi Z (1997-2012) untuk membicarakan selera para anak milenial (1981-1996), seperti yang dilansir dari Cosmopolitan.

Siapa penciptanya? Slang ini diciptakan oleh Gaby Rasson yang saat ini berusia 23 tahun.

Rasson sebenarnya sudah menggunakan istilah "cheugy" sejak 2013 lalu, karena "dia ingin mendeskripsikan orang-orang yang sedikit keluar dari tren. Tetapi, dia tidak dapat menemukan istilah yang tepat, jadi dia menciptakan istilahnya sendiri."

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Viral di TikTok, Seorang Ibu Hobi Bersihkan Nisan untuk Obati Depresi

Istilah "cheugy" itu mulai digunakan oleh teman-teman sekolahnya, kemudian semakin meluas dan menjadi viral saat ini berkat TikTok.

Istilah ini sangatlah subjektif. Seseorang bisa menganggap hiasan coffee latte cantik, tapi Instagram walls adalah "cheugy".

Istilah "cheugy" salah satunya digunakan untuk mengomentari cetakan kata-kata "live, laugh, love".

Kata-kata indah tentang rumah dan keluarga dan unggahan foto bersama pacar, itu juga dianggap cheugy, seperti yang dilansir dari Insider pada Senin (3/5/2021). 

Baca juga: Sebar Video TikTok Menari dengan Sisa Operasi Pasiennya, Ahli Bedah Plastik Brasil Diskors

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by cheug life (@cheuglife)

Disebutkan juga ikat pinggang Gucci dengan huruf "GG" yang besar itu cheugy, seperti yang ditunjukkan akun Instagram @cheuglife. Akun ini mengunggah berbagai hal tentang cheugy

Melansir Insider pada Senin (3/5/2021), kata cheugy viral di media sosial sekitar 2018 dan pada November 2018 telah diunggah di dalam Urban Dictionary, sebuah situs, di mana pengguna mengatalogkan bahasa gaul internet. 

Menurut yang tertulis di Urban Dictionary, cheugy artinya "kebalikan dari trendi" atau "sesuatu yang bergaya saat era sekolah menengah, tapi kini tidak lagi". 

 Baca juga: Inilah Para Korban Penembakan Maut Aparat Myanmar, dari Penyuka TikTok hingga Tukang Ojek


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X