KTT ASEAN Digelar Besok di Jakarta, Ini Harapan China

Kompas.com - 23/04/2021, 16:36 WIB
Menteri Luar Negeri China Wang Yi berbicara mengenai pertemuan tingkat tinggi antara Presiden AS Donald Trump dengan Korea Utara Kim Jong Un. AFP / GREG BAKERMenteri Luar Negeri China Wang Yi berbicara mengenai pertemuan tingkat tinggi antara Presiden AS Donald Trump dengan Korea Utara Kim Jong Un.

BEIJING, KOMPAS.com – Konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN yang akan membahas situasi terkini di Malaysia bakal digelar pada Sabtu (24/4/2021) di Jakarta, Indonesia.

Menjelang penyelenggaraan KTT ASEAN bernama ASEAN Leaders’ Meeting tersebut, China berharap penyelenggaraannya lancar.

Baca juga: Jelang KTT ASEAN, Presiden Filipina dan PM Thailand Tidak Hadir

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan pada Kamis (22/4/2021), China berharap KTT ASEAN tersebut berjalan dengan lancar.

Pertemuan tingkat tinggi antara para petinggi negara-negara anggota ASEAN itu bertujuan untuk meredakan krisis Myanmar sebagaimana dilansir Reuters.

Myanmar dilanda krisis sejak militer mengambil alih kekuasaan dari pemimpin sipil pada 1 Februari. Sejak saat itu, demonstrasi bergelora menentang kudeta militer.

Aparat Myanmar tak segan membubarkan aksi demosntrasi, bahkan tak segan membunuh para demonstran.

Baca juga: KTT ASEAN di Jakarta, Saatnya Berkomuni-aksi dengan Myanmar

Sejak kudeta militer pada 1 Februari, sedikitnya 700 orang tewas di tangan pasukan keamanan Myanmar.

Pertemuan tersebut sekaligus merupakan ujian bagi ASEAN, yang secara tertulis menahan diri untuk tidak mencampuri urusan internal negara anggotanya.

"China mengharapkan pertemuan itu menjadi awal yang baik untuk membantu mewujudkan ‘soft landing’ untuk situasi di Myanmar," kata Wang.

Sebelumnya, Wang juga sempat berbicara dengan Menteri Luar Negeri Thailand dan Brunei Darussalam.

Baca juga: Myanmar: Apa yang Bisa Diharapkan dari Pertemuan Pemimpin ASEAN

Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X