Jelang KTT ASEAN, Presiden Filipina dan PM Thailand Tidak Hadir

Kompas.com - 23/04/2021, 16:20 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menlu Retno Marsudi (kedua kanan) dan Seskab Pramono Anung menghadiri KTT ASEAN ke-36 secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/6/2020). Dalam KTT dengan tuan rumah Vietnam tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya untuk memperkuat kerja sama antar negara anggota ASEAN dalam pemulihan ekonomi dampak pandemi COVID-19 serta mengusulkan perlunya pengaturan ASEAN Travel Corridor. ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWANPresiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menlu Retno Marsudi (kedua kanan) dan Seskab Pramono Anung menghadiri KTT ASEAN ke-36 secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/6/2020). Dalam KTT dengan tuan rumah Vietnam tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya untuk memperkuat kerja sama antar negara anggota ASEAN dalam pemulihan ekonomi dampak pandemi COVID-19 serta mengusulkan perlunya pengaturan ASEAN Travel Corridor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte dan Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-o-cha tidak akan hadir di KTT ASEAN, Sabtu (24/4/2021) esok.

KTT ASEAN besok akan membahas krisis di Myanmar, dan ketidakhadiran Duterte serta Prayuth mengurangi jumlah pemimpin Asia Tenggara yang datang ke Jakarta.

Sebagai gantinya, Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr akan mewakili Duterte yang harus menangangi krisis Covid-19 di negaranya.

Baca juga: KTT ASEAN di Jakarta, Saatnya Berkomuni-aksi dengan Myanmar

Hal tersebut disampaikan pernyataan Kementerian Luar Negeri Filipina, seiring tingginya kasus harian beberapa pekan terakhir.

Meskipun Duterte absen, Filipina mengatakan sangat mendukung KTT ASEAN di Jakarta, walau tanpa kehadiran penuh dari para pemimpin 10 negara anggotanya.

Sementara itu pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, akan menghadiri KTT ASEAN kata juru bicaranya kepada Nikkei Asia pada Rabu (21/4/2021).

PM Malaysia Muhyiddin Yassin juga bakal hadir begitu pun PM Kamboja Hun Sen, tetapi beberapa negara belum mengumumkan apakah para pemimpin tertingginya juga akan berpartisipasi.

Baca juga: 300 Personel Polisi Dikerahkan untuk Amankan KTT ASEAN di Jakarta

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X