[UPDATE] Tiga Negara Eropa Kini Hentikan Penggunaan Vaksin AstraZeneca, Total 16 Negara

Kompas.com - 16/03/2021, 06:23 WIB
Vaksin AstraZeneca flickrVaksin AstraZeneca

LONDON, KOMPAS.com - Spanyol, Jerman, Prancis, dan Italia telah menjadi negara Eropa terbaru yang menghentikan sementara peluncuran vaksin Oxford-AstraZeneca Covid-19.

Kebijakan ini diambil karena adanaya sejumlah kecil masalah pembekuan darah, bertentangan dengan saran badan medis internasional.

Spanyol akan berhenti menggunakan vaksin selama dua minggu. Menteri Kesehatan negara itu Carolina Darias mengumumkan dalam konferensi pers yang disiarkan televisi nasional, Senin (15/3/2021).

“Ini adalah penangguhan sementara dan pencegahan sampai risikonya dapat dievaluasi oleh European Medicines Agency." terangnya.

Pada hari yang sama, Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn menyatakan negara itu akan menunda inokulasi atas vaksin Covid-19 asal Inggris ini, setelah awalnya membela keamanan vaksin.

Langkah itu menurutnya dilakukan sebagai tindakan pencegahan. Ini menyusul laporan dari beberapa kasus pembekuan darah pada orang yang divaksinasi dengan suntikan AstraZeneca di Denmark dan Norwegia.

Baca juga: Australia Tetap Yakin dengan Vaksin AstraZeneca

Perancis dan Italia juga menghentikan peluncuran vaksin mereka pada Senin (15/3/2021). Mereka juga menunggu tinjauan dari regulator obat-obatan UE, European Medicines Agency (EMA).

Badan tersebut sudah menegaskan kembali nasihatnya, bahwa negara-negara tetap bisa melakukan inokulasi dengan vaksin itu.

"Kami telah memutuskan untuk menangguhkan penggunaan AstraZeneca sebagai tindakan pencegahan dan berharap dapat melanjutkannya dengan cepat jika saran EMA mengizinkannya," kata Presiden Perancis Emmanuel Macron pada konferensi pers Senin (15/3/2021).

Penangguhan itu terjadi beberapa jam setelah jaksa di Italia utara memerintahkan sejumlah vaksin untuk disita, mengutip seorang pria yang jatuh sakit dan meninggal setelah disuntik.

Halaman:
Baca tentang

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X