Kompas.com - 19/12/2020, 19:07 WIB
Gambar yang dirilis industri manufaktur Rusia Rostec menunjukkan, tank ringan Sprut-SDM1 ketika terjun dari pesawat kargo menggunakan parasut. Rostec via Daily MailGambar yang dirilis industri manufaktur Rusia Rostec menunjukkan, tank ringan Sprut-SDM1 ketika terjun dari pesawat kargo menggunakan parasut.

MOSKWA, KOMPAS.com - Militer Rusia mengunggah foto tank amfibi mereka dijatuhkan dari pesawat dan mendarat dengan mulus menggunakan parasut.

Tank Sprut-SDM1, yang berjenis tank ringan dengan tiga kru di dalamnya, bisa diterjunkan ke medan tempur menggunakan pesawat kargo.

Selain itu, kendaraan yang dikembangkan oleh perusahaan joint stock Volgograd Tractor Plant tersebut diklaim juga bisa berenang.

Baca juga: Ribuan Tank dan Pesawat Tempur Gambarkan Hebatnya Kekuatan Militer Uni Soviet Pada Masanya

Kremlin melihat senjata yang mereka ciptakan bisa memberi mereka keuntungan dari NATO, sekaligus menarik minat negara lain.

Selain Rusia, sebenarnya Amerika Serikat (AS) pernah mengembangkan tank ringan yang bisa diterbangkan bernama M551 Sheridan.

Namun, kendaraan yang bisa terbang dengan parasut itu punya kelemahan bajanya terlalu tipis, sehingga rentan terhadap granat dan ranjau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diperkenalkan pada era Perang Vietnam, Sheridan juga diketahui terlalu ringan di bagian meriam utama, sehingga sukar dikendalikan.

Secara bertahap, Sheridan ditarik dari belantara Vietnam yang panas dan kelembapannya merusak mesin, meski muncul lagi di Panama dan Perang Teluk.

Meski dipuji oleh angkatan darat sebagai gabungan mobilitas, kekuatan, dan efek kejut, Sheridan benar-benar dipensiunkan pada 2004.

Baca juga: Video Viral, Tank Israel Ini Terbalik Saat Naik ke Kendaraan Angkut

Berbeda dengan senjata AS, "Negeri Beruang Merah" mengeklaim Sprut-SDM1 sudah diujicobakan di laut, Rusia tengah, dan subtropis dengan suhu hingga 40 derajat Celsius.

Halaman:

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X