Ledakan Terjadi di Kilang Minyak Afrika Selatan, 7 Orang Luka-luka

Kompas.com - 04/12/2020, 18:14 WIB
Ilustrasi ledakan. SHUTTERSTOCKIlustrasi ledakan.

CAPE TOWN, KOMPAS.com – Peristiwa ledakan disusul kebakaran dilaporkan terjadi di kilang minyak dekat Duban, Afrika Selatan, pada Jumat (4/12/2020).

Akibat peristiwa tersebut, setidaknya tujuh orang mengalami luka-luka dan dilarikan ke rumah sakit sebagaimana dilansir dari Associated Press.

Ledakan terjadi setelah pukul 07.00 waktu setempat dan terdengar hampir di seluruh penjuru kota.

Baca juga: Termasuk Paling Langka di Dunia, 5 Berlian Biru Ditemukan di Afrika Selatan

Ledakan tersebut juga memicu kebakaran besar yang menimbulkan asap hitam mengepul.

Hingga berita ini ditulis, pihak berwenang belum mengatakan penyebab atau pemicu dari ledakan tersebut.

Salah satu petugas paramedis, Garrith Jamieson, mengatakan ketujuh korban yang mengalami luka-luka adalah para pekerja di kilang minyak tersebut.

Baca juga: Laporan Intelijen: Iran Berencana Eksekusi Dubes AS untuk Afrika Selatan

Dia menambahkan sebanyak enam pekerja dirawat di rumah sakit karena menghirup asap dan lainnya mengalami luka di pinggul karena terjatuh saat mencoba melarikan diri dari api.

Jamieson mengatakan bahwa mobil pemadam kebakaran, unit penjinak bom, polisi metro, dan personel search and rescue (SAR) berada di lokasi.

Juru Bicara Layanan Kegawatdaruratan Robert McKenzie mengatakan api dari kebakaran tersebut sekarang berhasil dipadamkan.

Baca juga: Afrika Selatan Tengah Selediki Kasus Korupsi Dana Anggaran Covid-19 Sebesar 290 Juta Dollar AS

Dia mengatakan kebakaran juga terjadi di kompleks apartemen terdekat yang juga berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran.

Mckenzie mengatakan tidak mengetahui apakah kedua titik api itu terhubung. Dia menambahkan tidak ada yang terluka di kompleks apartemen itu.

Kilang tersebut dimiliki oleh perusahaan minyak Afrika Selatan, Engen, dan terdaftar sebagai kilang minyak terbesar kedua di negara tersebut.

Baca juga: Kasus Korupsi Dana Bantuan Membahayakan Masyarakat Afrika Selatan di Tengah Pandemi Covid-19

Kilang minyak tersebut memiliki kapasitas penyulingan minyak mentah hingga 120.000 barel per hari, menurut Engen.

Engen mengatakan kebakaran terjadi di kilang selama sekitar satu jam 35 menit tetapi tidak menyebutkan ledakan. Penyebab kebakaran sedang diselidiki, kata perusahaan itu.

Baca juga: Terjadi Kekacuaan, 50 Tahanan Kabur di Afrika Selatan


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X