[VIDEO] Chang'e-5 Lepas Landas dari Bulan, Bawa Sampel Bebatuan Menuju China

Kompas.com - 04/12/2020, 17:11 WIB
Foto simulasi menunjukkan wahana antariksa Change-5 meluncur dari permukaan Bulan. Wahana antariksa China yang membawa sampel Bulan pertama negara itu lepas landas dari Bulan pada Kamis (3/12/2020) malam, demikian diumumkan Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA). Ini merupakan wahana antariksa pertama milik China yang lepas landas dari objek luar angkasa. Xinhua/CNSAFoto simulasi menunjukkan wahana antariksa Change-5 meluncur dari permukaan Bulan. Wahana antariksa China yang membawa sampel Bulan pertama negara itu lepas landas dari Bulan pada Kamis (3/12/2020) malam, demikian diumumkan Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA). Ini merupakan wahana antariksa pertama milik China yang lepas landas dari objek luar angkasa.

BEIJING, KOMPAS.com - Wahana antariksa Chang'e-5 milik China telah merampungkan misi pengambilan sampel di Bulan dan sampel telah tersimpan di dalam wahana tersebut.

Demikian diumumkan Administrasi Luar Angkasa Nasional China ( CNSA) pada Kamis (3/12/2020) pagi waktu setempat.

Diluncurkan pada 24 November, wahana antariksa itu mendarat di sebelah utara Mons Rumker di Oceanus Procellarum, yang juga dikenal sebagai Lautan Badai, di sisi dekat Bulan pada 1 Desember.

Wahana antariksa tersebut mengemban tugas untuk mengambil sampel pertama dari sebuah benda luar angkasa bagi China sebagaimana dilansir dari Xinhua.

Baca juga: [VIDEO] Wahana Antariksa China Berhasil Mendarat di Bulan, Mulai Kumpulkan Sampel 2 Hari ke Depan

Setelah wahana antariksa Chang'e-5 bekerja selama sekitar 19 jam di Bulan, pengambilan sampel berakhir pada Rabu (2/12/2020) pukul 22.00 waktu Beijing.

Sampel-sampel tersebut disimpan dalam wadah di dalam pemanjat (ascender) wahana antariksa itu seperti yang direncanakan, kata CNSA.

Dengan menggunakan data yang dikirim kembali oleh wahana antariksa tersebut, para peneliti menyimulasikan prosedur pengambilan sampel di laboratorium, yang memberikan dasar penting bagi operasi tersebut di Bulan.

Radar penembus lapisan permukaan tanah yang longgar dan heterogen di atas batuan padat Bulan dan muatan-muatan lainnya yang dipasang di wahana pendarat (lander) telah melakukan eksplorasi ilmiah sesuai rencana dan memberikan dukungan informasi untuk pengambilan sampel.

Baca juga: Kepala Intelijen AS: China Ancaman Terbesar Bagi Kebebasan

Wahana antariksa tersebut telah mampu bertahan pada suhu lebih dari 100 derajat Celsius di permukaan Bulan.

Chang'e-5 mengadopsi dua metode pengambilan sampel di Bulan, yakni menggunakan bor untuk mengumpulkan sampel di bawah permukaan dan mengambil sampel di permukaan menggunakan lengan robotik.

Halaman:

Sumber Xinhua
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X