Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikira Minum Obat Sakit Perut, 20 Anak Tumbuh Bulu di Tubuh Mereka

Kompas.com - 04/12/2020, 16:19 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum,
Aditya Jaya Iswara

Tim Redaksi

Sumber Daily Mail

CANTABRIA, KOMPAS.com – Sekitar 20 anak di Spanyol mengalami pertumbuhan rambut di seluruh tubuh, akibat salah diberi minoksidil sebagai obat sakit perut.

Berdasarkan gambar yang dilansir Daily Mail pada Rabu (2/12/20), terlihat rambut menutupi seluruh permukaan kulit anak-anak kecil yang tinggal di kota Torrelavega di wilayah Cantabria, Spanyol Utara.

Pejabat setempat mengakui anak-anak itu keliru diberi minoksidil, sebuah obat untuk pertumbuhan rambut. Padahal seharusnya yang digunakan adalah omeprazol, obat untuk mengobati refluks lambung.

Hal ini terjadi karena ada sirup yang salah label dikirim ke apotek di Granada, Cantabria, dan Valencia. Ahli kimia di sana lalu mencampurnya ke formula untuk mengobati refluks.

Baca juga: Payudaranya Membesar gara-gara Salah Obat, Remaja Ini Tuntut Dokternya

Orangtua korban yang marah mengumumkan kasus ini kepada publik. Penyelidikan lebih lanjut dilakukan di Andalusia dan Valencia atas kekhawatiran terjadinya kesalahan serupa di sana. Terkonfirmasi ada 20 anak terdampak karena masalah ini.

Keluarga dari beberapa anak sekarang menuntut kompensasi. Mereka mengeluh karena setelah dua tahun kesalahan medis itu, rambut tetap tumbuh padahal pengobatan sudah dilakukan.

Menurut data Kementerian Kesehatan, pihak berwenang menemukan pada akhir Juli tahun lalu bahwa kesalahan itu terjadi ketika sekelompok keluarga yang diwakili oleh pengacara Javier Diaz Aparicio, mengajukan pengaduan ke pihak berwenang.

Baca juga: Kisah Misteri: Peter Stumpp, Manusia Serigala dari Bedburg

Halaman:
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com