Termasuk Paling Langka di Dunia, 5 Berlian Biru Ditemukan di Afrika Selatan

Kompas.com - 17/09/2020, 13:00 WIB
Berlian biru 29,6 karat yang ditemukan perusahaan tambang Petra Diamonds pada Januari 2014, di tambang Cullinan dekat ibu kota Afrika Selatan, Pretoria. PETRA DIAMONDS LIMITED/PHILIP MOSTERT via AFPBerlian biru 29,6 karat yang ditemukan perusahaan tambang Petra Diamonds pada Januari 2014, di tambang Cullinan dekat ibu kota Afrika Selatan, Pretoria.

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Tambang berlian di Afrika Selatan pada Rabu (16/9/2020) mengumumkan telah menemukan 5 batu biru, yang termasuk paling langka dan mahal di dunia.

Petra Diamonds Limited menerangkan, berlian Tipe IIb ditemukan setelah penggalian 1 minggu di tambang Cullinan, sekitar 40 kilometer di timur ibu kota administratif Pretoria.

Kelima batu itu bersifat terpisah, bukan bagian dari berlian besar, dan ukurannya berkisar antara 9,61-25,75 karat.

Baca juga: Berlian Buatan Manusia, Serupa tetapi Tak Sama dengan Permata

" Berlian biru sangat langka sehingga tidak ada statistik resmi mengenai penemuannya," kata Petra dalam pernyataan yang dikutip kantor berita AFP.

Mereka juga mencatat, "tidak biasa" menemukan "lima batu berkualitas tinggi di saat yang bersamaan".

Tambang Cullinan adalah salah satu sumber berlian biru terpenting di dunia, menurut perusahaan tersebut.

Baca juga: Ilmuwan: Planet Berlian Mungkin Saja Ada di Antara Exoplanet Galaksi Ini

Sebelum ini, penemuan besar terakhir adalah berlian biru 20,08 karat yang ditemukan di sana pada September 2019 dan dijual seharga 14,9 juta dollar AS (Rp 221,3 miliar) ke pembeli anonim.

Petra lalu mengatakan, pihaknya "tetap melakukan penjualan yang fleksibel" untuk penemuan terbarunya, dan "masih mengevaluasi cara optimal untuk memasarkan batu-batuan itu".

Grup perusahaan tersebut memiliki tiga tambang du Afrika Selatan dan satu di Tanzania.

Baca juga: Mungkinkah Berlian Bisa Hancur Terbakar? Sains Jelaskan

Mereka sedang dililit utang dan diterpa penurunan harga berlian, bahkan sejak sebelum pandemi virus corona menutup perdagangan berlian secara global.

Grup Petra pun menekankan, meski lima berlian biru ini adalah "perkembangan positif", tapi "tidak akan berdampak material pada... solusi jangka panjang yang diperlukan untuk meningkatkan struktur modal grup."

Baca juga: Ditemukan, Bongkahan Berlian 442 Karat Seharga Rp 264 Miliar


Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X