Serba-Serbi Menarik Jelang Pilpres AS 2020

Kompas.com - 28/10/2020, 14:54 WIB
Calon Presiden Partai Republik Presiden Petahana Donald Trump dan Calon Presiden Partai Demokrat mantan Wakil Presiden Joe Biden AFP/MORRY GASH and JIM WATSONCalon Presiden Partai Republik Presiden Petahana Donald Trump dan Calon Presiden Partai Demokrat mantan Wakil Presiden Joe Biden

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Terlepas dari siapa pun yang akan memenangi pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat ( AS) tanggal 3 November mendatang, ada sejumlah serba-serbi menarik yang akan atau telah mengukir tinta sejarah politik negeri “Paman Sam”.

Berikut hasil penelusuran Kompas.com tentang aspek sejarah dalam pesta demokrasi AS itu.

1. Presiden tertua dalam sejarah

Siapapun yang terpilih, baik Joe Biden atau Donald Trump akan menjadi presiden paling tua ketika disumpah pada 20 Januari 2021.

Biden akan berusia 78 tahun sedangkan Trump akan berusia 74 tahun.

Pemegang rekor saat ini tidak lain tidak bukan adalah Trump yang berusia 70 tahun ketika dilantik 4 tahun lalu.

Ketika itu dia menumbangkan rekor mantan Presiden Ronald Reagan yang berusia 69 tahun ketika disumpah mengemban mandat periode pertamanya pada Januari 1981.

Kombinasi umur Trump dan Biden juga adalah yang tertua dalam sejarah yaitu 152 tahun. Angka ini mengalahkan rekor kombinasi umur Trump dan lawannya pada pilpres 2016 Hillary Clinton yang berjumlah 139 tahun.

Baca juga: 13 Fakta Sejarah Pemilu AS di Masa Kolonial yang Sangat Berbeda

2. Biden Wakili Silent Generation

Jika terpilih, Biden akan menjadi presiden AS pertama yang berasal dari silent generation yaitu warga yang lahir dari antara tahun 1928 hingga 1945. Suami Jill Biden itu lahir pada 20 November 1942.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X