Penumpang Perempuan Diminta Telanjang di Bandara, Qatar Minta Maaf dan Janji Selidiki

Kompas.com - 28/10/2020, 13:55 WIB
Ilustrasi wanita sedih kieferpixIlustrasi wanita sedih

KOMPAS.com - Qatar menyatakan akan menyelidiki tuduhan bahwa sejumlah perempuan yang menjadi penumpang di 10 penerbangan telah melalui penggeledahan yang invasif di Bandara Doha, Qatar.

Para perempuan itu diminta membuka baju dan diperiksa apakah mereka baru saja melahirkan setelah seorang bayi ditemukan di sebuah tempat sampah di Bandara Hamad pada 2 Oktober lalu.

Sedikitnya 18 warga Australia diperiksa, beserta sejumlah perempuan dari negara lain, kata pemerintah Australia.

Pemerintah Qatar telah meminta maaf dan mengatakan bayi perempuan itu kini dalam keadaan aman di pusat perawatan medis di Doha.

Baca juga: Penumpang Wanita Disuruh Telanjang Saat Diperiksa, Australia Komplain ke Qatar

Mereka mengatakan bayi yang baru lahir itu ditemukan dalam kantung plastik, diletakkan di bawah onggokan sampah, yang mendorong "pencarian segera untuk orang tuanya, termasuk pada penerbangan di area sekitar bayi itu ditemukan."

"Kendati tujuan pencarian dadakan itu mencegah pelaku kejahatan yang mengerikan melarikan diri, Qatar menyesali setiap penderitaan atau pelanggaran atas kebebasan pribadi yang dialami para pelancong akibat tindakan ini."

Para pejabat Qatar mengarahkan "investigasi yang komprehensif dan transparan" pada insiden tersebut, dengan bantuan negara lain.

Pemerintah Australia mengatakan mereka menerima bantuan dari pejabat Qatar dan mengkoordinasikan upaya mereka dengan "dua atau tiga" negara lain, namun menolak mengungkapkan nama negaranya.

Baca juga: Apa yang Membuat Qatar Jadi Negara Terkaya Dunia?

Warga Australia bersuara

Pemeriksaan yang invasif itu diketahui pekan ini setelah sejumlah penumpang mengontak pihak berwenang di Australia.

Menteri Luar Negeri mengungkapkan bahwa 18 warga negara Australia telah digeledah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X