Setelah Positif Covid-19, Mantan Gubernur New Jersey: Saya Salah Tidak Pakai Masker di Gedung Putih

Kompas.com - 16/10/2020, 10:55 WIB
Chris Christie APChris Christie

WASHINGTON DC, KOMPAS.om - Mantan Gubernur New Jersey, Chris Christie mengatakan pada Kamis (15/10/2020) bahwa dia salah tidak mengenakan masker di Gedung Putih, setelah dia dan Presiden Donald Trump sama-sama terinfeksi virus corona.

Christie, dalam sebuah pernyataan, mengatakan dia telah pulih dari Covid-19, setelah selama sepekan tinggal di unit perawatan intensif rumah sakit.

Dia meminta semua pemimpin politik untuk mengadvokasi penggunaan masker, dengan praktik tersebut semakin dipolitisasi, bahkan ketika pandemi telah menewaskan lebih dari 217.000 orang Amerika.

Baca juga: Mantan Gubernur New Jersey Positif Covid-19, Sempat Bantu Debat Trump

"Saya percaya bahwa ketika saya memasuki halaman Gedung Putih, bahwa saya telah memasuki zona aman, karena pengujian yang saya serta banyak lainnya lakukan setiap hari," kata Christie seperti yang dilansir dari Associated Press pada Jumat (16/10/2020).

Namun ternyata, "Saya salah."

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kerap Diserang Trump soal Lockdown Covid-19, Gubernur Michigan Jadi Target Penculikan Sayap Kanan

Christie, yang berada di Gedung Putih untuk menghadiri pengumuman Hakim Amy Coney Barrett sebagai Mahkamah Agung, lalu berpartisipasi dalam beberapa putaran persiapan debat Trump, terlihat mencaci sikap presiden terhadap penyakit tersebut.

“Tidak ada yang boleh senang tertular virus dan tidak ada yang angkuh tentang terinfeksi atau menginfeksi orang lain,” kata Christie.

Baca juga: Setelah Positif Covid-19 dan Dirawat di RS, Eks Gubernur Ini Minta Masyarakat Pakai Masker

Trump saat terinfeksi virus corona menyebut bahwa penyakitnya sebagai "berkah dari Tuhan," dengan alasan penyakit itu membuatnya terkena terapi yang menjanjikan.

Dia juga menjadi tidak konsisten terhadap kebijakannya dalam mendukung penggunaan masker.

Bahkan setelah pulih dari Covid-19, dia mengadakan kampanye besar-besaran yang melibatkan ribuan orang dengan mayoritas pendukungnya yang hadir tidak mengikuti pedoman kesehatan untuk menggunakan masker.

Baca juga: Setelah Trump dan Istri, Anak Bungsunya Barron Trump Positif Covid-19

Di balai kota di Miami pada Selasa malam (13/10/2020), Trump mengatakan tentang pernyataan Christie, "Dia harus mengatakan itu."

Presiden 74 tahun itu bersikeras bahwa dia mendukung penggunaan masker dan menyebut Christie adalah "temanku."

Christie berkata, "Setiap pejabat publik, terlepas dari partai atau posisinya, harus mengadvokasi setiap orang Amerika untuk mengenakan masker di depan umum, menjaga jarak sosial yang pantas, dan untuk sering mencuci tangan setiap hari."

Baca juga: Keponakan Trump Ungkap Betapa Egois dan Sembrono Pamannya soal Covid-19


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X