Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Gubernur New Jersey Positif Covid-19, Sempat Bantu Debat Trump

Kompas.com - 04/10/2020, 07:02 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan Gubernur New Jersey Chris Christie menyatakan bahwa dia positif terinfeksi virus corona.

Christie merupakan salah satu orang yang membantu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mempersiapkan debatnya pada Selasa (29/9/2020) melawan Joe Biden.

Mantan gubernur dari Partai Republik tersebut mengatakan pada Jumat (2/10/2020) bahwa dia tidak memiliki giejala dan merasa baik-baik saja.

Pada Selasa, Dia juga menjalani tes pemeriksaan Covid-19 dan hasilnya menunjukkan negatif sebagaimana dilansir dari BBC.

Baca juga: Sebelum Dibawa ke Rumah Sakit, Trump Sempat Diberi Oksigen di Gedung Putih

Pada Jumat, dia mengatakan kepada media AS bahwa tidak ada yang mengenakan masker ketika dia dan yang lainnya duduk bersama Trump untuk mempersiapkan debat.

"Tidak ada yang memakai masker di ruangan ketika kami mempersiapkan presiden selama periode waktu itu. Dan total rombongan itu sekitar lima atau enam orang," kata Christie.

Kini, orang-orang dekat Trump satu per satu mulai terinfeksi virus corona seperti ajudan Trump Hope Hicks, manajer kampanye Trump Bill Stepien, politikus Rudy Guiliani, dan penasihat Gedung Putih Stephen Miller.

Berapa lama Trump tahu bahwa dia telah terinfeksi virus corona menjadi pertanyaan besar hingga saat ini.

Baca juga: Kapan Persisnya Trump Terkena Covid-19 Jadi Pertanyaan

"Sekitar 72 jam setelah didiagnosa, pekan pertama Covid-19, 7-10 hari, adalah momen paling kritis dalam penyakit ini," jelas Conley.

Ucapan itu kemudian mengundang sorotan dari banyak pihak, termasuk Editor BBC North American Jon Sopel dalam kicauannya di Twitter.

Dilansir Sabtu (3/10/2020), Sopel menjabarkan bahwa Trump baru mengumumkan dia positif Covid-19 sekitar 36 jam yang lalu, atau pada Kamis malam waktu setempat (1/10/2020).

"Konfirmasi baru datang darinya pagi. Jadi, dia selama ini mengidap virus corona sejak Rabu (30/9/2020) dan Gedung Putih tak membukanya? Cukup adil," kata dia.

Baca juga: Positif Covid-19, Kondisi Trump yang Sebenarnya Disebut Sangat Mengkhawatirkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com