Jelang Debat Pilpres AS 2020, Joe Biden Bakal Pelajari Komentar Trump

Kompas.com - 17/09/2020, 07:54 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan lawannya di pemilu 2020, mantan Wakil Presiden Joe Biden. AFPPresiden Amerika Serikat Donald Trump dan lawannya di pemilu 2020, mantan Wakil Presiden Joe Biden.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Kandidat presiden dari Partai Demokrat Joe Biden mengatakan, dia kini tengah mempelajari komentar Petahana Donald Trump jelang debat pertama PIlpres AS.

Debat pertama dari tiga agenda yang bakal dijalani para calon akan digelar di Case Western Reserve University Cleveland, Ohio, pada 29 September nanti.

Biden menerangkan, saat ini dia tengah bersiap dengan meneliti segala pernyataan yang disampaikan Trump dalam berbagai kesempatan.

Baca juga: Pertama Kali dalam 175 Tahun, Majalah Scientific American Dukung Capres AS Biden

"Saya jarang melakukan debat panjang. Tapi saya ingin memastikan saya memahami apa yang dia sudah dan belum katakan," ucap Joe Biden dikutip ABC Rabu (16/9/2020).

Mantan Senator Delaware itu menuturkan, dia tidak tahu permainan seperti apa yang bakal dikeluarkan rivalnya itu ketika debat Pilpres AS dimulai.

Dia kemudian menyatakan, keputusan Trump tidak mengambil kebijakan penting dalam memerangi virus corona seharusnya membuat didiskualifikasi dari pertarungan Pilpres.

Biden juga menuding lawannya itu sudah mempolitisasi pengembangan vaksin, dengan menuturkan obat itu bakal siap dalam beberapa pekan.

Pernyataan itu menjadi salah satu senjata kuncinya di tengah berbagai jajak pendapat yang mengunggulkan Biden dibanding presiden 74 tahun itu.

Kepada awak media, mantan wakil Barack Obama tersebut menyatakan petahana "sudah tidak serius" sejak awal dalam menangani virus corona.

Baca juga: Trump Tuding Biden Pakai Obat, Minta Tes Narkoba Sebelum Debat Capres

"Tanggung jawab pertama presiden adalah melindungi rakyatnya, dan dia tak melakukannya. Seharusnya dia didiskualifikasi," kata dia.

Halaman:

Sumber AFP,ABCNews
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X