Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] AS Bersumpah Cegah Iran Beli Senjata | Yoshihide Suga Jadi PM Jepang

Kompas.com - 17/09/2020, 06:01 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) melalui Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menyatakan, mereka bakal mencegah Iran membeli senjata dari China dan Rusia.

Pompeo mengatakannya seiring dengan bakal habisnya embargo yang diterapkan PBB atas Teheran, di mana dia mengklaim pencegahan itu demi "rasa aman dunia".

Kemudian dari Jepang, Ketua Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga resmi menggantikan Shinzo Abe menjadi perdana menteri "Negeri Sakura".

Kedua artikel itu bisa Anda baca dalam kabar populer Global yang terjadi sepanjang Rabu (16/9/2020) hingga Kamis pagi (17/9/2020).

1. AS Bersumpah Cegah Iran Beli Senjata dari China dan Rusia
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menegaskan, negaranya akan melakukan apa pun supaya Iran tak mendapatkan persenjataan dari China dan Rusia.

Pompeo turut juga mengomentari keputusan sepihak bosnya, Presiden Donald Trump, yang memutuskan untuk menarik diri dari perjanjian nuklir 2015 pada 2018.

Dalam pernyataan Pompeo, langkah yang ditentukan oleh sekutunya di Eropa dan seluruh dunia itu semata menjaga "keamanan global".

Seperti apa pernyataan lengkap sang menteri luar negeri, Anda bisa menyimaknya di sini.

2. [POPULER GLOBAL] Militer Turki Desak Presiden Erdogan untuk Lawan Eropa | Kuburan Massal Ditemukan, Diduga Terkait Sekte Agama Cahaya Baru Ilahi
Kabar populer Global yang terjadi sepanjang Selasa (15/9/2020) hingga Rabu (16/9/2020) ternyata turut masuk ke dalam salah satu artikel terpopuler.

Dimulai dari analisa para pakar bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan didesak oleh penasihatnya untuk melawan Eropa.

Kemudian di Ngabe-Bugle, Panama, sebuah kuburan massal ditemukan dan diyakini diisi oleh para korban yang dibunuh sebuah sekte agama.

Penasaran dengan berita tersebut, Anda bisa membacanya secara lengkap di tautan ini.

3. Resmi, Yoshihide Suga Gantikan Shinzo Abe Jadi PM Jepang
Sesuai dengan dugaan, Yoshihide Suga resmi menjadi Perdana Menteri Jepang menggantikan Shinzo Abe yang mengundurkan diri Agustus lalu.

Suga, yang sbeelumnya menjabat sebagai ketua sekretaris kabinet, menjadi PM pertama "Negeri Sakura" pada era Reiwa, atau era Kaisar Naruhito.

Anak petani stroberi itu sudah emnjadi kandidat terkuat, dengan para pakar memprediksi langkah seperti apa yang bakal diterapkannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com