Usai Ledakan Beirut, Ini Curahan Hati Seorang Dokter Bedah Muda

Kompas.com - 16/09/2020, 21:10 WIB
Dr Bassam Osman, residen bedah berusia 27 tahun, berpose untuk berfoto, di Beirut Lebanon. AP/Bassam OsmanDr Bassam Osman, residen bedah berusia 27 tahun, berpose untuk berfoto, di Beirut Lebanon.

BEIRUT, KOMPAS.com - Malam itu kehidupan Dr Bassam Osman (27) berubah. Sekitar jam 6 malam pada 4 Agustus lalu, dokter residen bedah yang masih muda itu baru saja mengakhiri jadwal tugas dari rumah sakit tempat dia bekerja.

Namun, tak lama dia beristirahat, ledakan dahsyat dan masif mengguncang Beirut.

Ratusan orang terluka membanjiri Pusat Medis Universitas Amerika, salah satu rumah sakit terbaik di Lebanon sekaligus tempat bekerja Dr Osman.

Melansir Associated Press (AP), staf medis yang terdiri dari sekitar 100 dokter, perawat, dan para asisten mengubah serta membuat prioritas ruang untuk merawat pria, wanita, dan anak-anak yang terluka.

Mereka menjahit luka dengan pencahayaan dari lampu ponsel saat listrik padam. Yang terluka terus berdatangan karena beberapa rumah sakit lain yang berada di dekat pelabuhan itu lumpuh akibat ledakan tersebut.

Salah satu dokter veteran yang pernah bekerja selama perang saudara Lebanon mengatakan mereka belum pernah melihat yang seperti itu.

Dalam enam jam, mereka menghabiskan persediaan darurat yang bisa digunakan selama satu setengah tahun.

Osman akhirnya bekerja selama 52 jam berturut-turut. Dia merawat lebih dari puluhan pasien. Satu orang dari yang dirawatnya meninggal dunia.

"Tidak ada momen dalam hidup saya di mana saya merasa lebih berhubungan dengan diri saya sendiri dan kemanusiaan di sekitar saya [seperti saat ini]," kata Osman dalam sebuah tweet pasca 52 jam beruntun itu.

Osman, di awal karirnya, menemukan (kenyataan) yang jauh berbeda di bidang medis dari apa yang dia pikir ketika pertama kali memasuki profesi itu.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X