Terus Didesak Mundur, Presiden Belarus Akan ke Rusia Minta Bantuan Putin

Kompas.com - 11/09/2020, 18:43 WIB
Tangkapan layar dari video yang dirilis media pemerintah Belarus BELTA, menunjukkan Presiden Belarus Alexander Lukashenko memegang senapan laras panjang otomatis dan mengenakan rompi antipeluru, saat hendak membubarkan massa dari kediamannya pada Minggu (23/8/2020). BELTA via AFPTangkapan layar dari video yang dirilis media pemerintah Belarus BELTA, menunjukkan Presiden Belarus Alexander Lukashenko memegang senapan laras panjang otomatis dan mengenakan rompi antipeluru, saat hendak membubarkan massa dari kediamannya pada Minggu (23/8/2020).

MOSKWA, KOMPAS.com - Kremlin pada Jumat (11/9/2020) mengatakan, Presiden Belarus Alexander Lukashenko akan berbicara langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin Senin (14/9/2020) mendatang.

Kunjungan Lukashenko ini dilakukan seiring gelombang demonstrasi di Belaris yang menuntut pengunduran dirinya.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov berkata ke wartawan, lokasi "kunjungan kerja" di Rusia belum diumumkan, dan tidak ada rencana bagi kedua kepala negara itu untuk mengadakan konferensi pers.

Baca juga: Presiden Lukashenko: Jika Belarus Tumbang, Rusia Selanjutnya

Dilansir dari AFP, kunjungan ke Rusia itu akan menjadi yang pertama dilakukan Lukashenko, sejak demo besar pecah atas sengketa kemenangannya di pemilu.

Lukashenko bersumpah tidak akan menyerahkan kekuasannya ke oposisi, sedangkan rivalnya yakni Svetlana Tikhanovskaya mengklaim pemenang sah dalam pemilu 9 Agustus.

Wanita berusia 38 tahun itu kini sedang berlindung di Lithuani usai terus mendapat tekanan.

Baca juga: Pilpres Belarus Ricuh, Capres sampai Kabur ke Negara Tetangga

Hubungan Lukashenko dengan Rusia tidak stabil, dan kadang-kadang mempermainkannya untuk melawan Uni Eropa.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X