Covid-19 Kembali, Pemilu di Selandia Baru Ditunda 4 Pekan

Kompas.com - 17/08/2020, 09:49 WIB
PM Selandia Baru Jacinda Ardern saat berbicara di konferensi pers yang digelar bersama PM Australia Scott Morrison, di Admiralty House, Sydney, Australia, 28 Februari 2020. REUTERS/LOREN ELLIOTTPM Selandia Baru Jacinda Ardern saat berbicara di konferensi pers yang digelar bersama PM Australia Scott Morrison, di Admiralty House, Sydney, Australia, 28 Februari 2020.

WELLINGTON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengumumkan, pemilu bakal ditunda selama 4 pekan buntut kembalinya kasus Covid-19.

Ardern mendapat tekanan baik dari oposisi maupun koalisinya untuk mengubah tanggal pemilihan yang semua dijadwalkan pada 19 September.

Desakan itu muncul setelah kasus kembali terdeteksi di Auckland pekan lalu, di mana kota terbesar Selandia Baru itu harus menjalani lockdown.

Baca juga: Dalam Sehari, Selandia Baru Laporkan 14 Kasus Virus Corona

Jacinda Ardern menerangkan, kembalinya Covid-19 setelah 102 hari membuat publik "Negeri Kiwi" khawatir datang ke bilik suara saat pemilu.

Pemimpin sayap kiri-tengah itu juga mengakomodasi rival, yang mengeluhkan pemilihan bakal berjalan tak adil jika pesta demokrasi itu tetap diteruskan.

Setelah menghabiskan akhir pekan dengan konsultasi bersama pemimpin partai dan komisi pemilihan, dia mengumumkan pemilu ditunda empat pekan, atau pada 17 Oktober.

PM berusia 40 tahun itu mengatakan, dengan perubahan tersebut semua partai bakal mendapatkan hak sama untuk berkampanye.

Selain itu dilansir AFP Senin (17/8/2020), dia menegaskan tidak akan mengubah agenda lagi apa pun situasi yang menimpa Selandia Baru.

"Keputusan ini membuat partai politik punya sembilan pekan untuk berkampanye, dengan komisi punya cukup waktu untuk memastikan pemilunya berjalan lancar," paparnya.

Semua partai dilaporkan langsung menghentikan kegiatan kampanye setelah virus corona kembali merebak, dengan sumbernya masih belum diketahui.

Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X