Jaga-jaga Diblokir AS, TikTok Akan Dirikan Pusat Data Pertama di Eropa

Kompas.com - 07/08/2020, 21:39 WIB
Ilustrasi TikTok ByteDance cnet.comIlustrasi TikTok ByteDance

DUBLIN, KOMPAS.com - TikTok pada Kamis (6/8/2020) mengumumkan, mereka akan mendirikan pusat data pertama di Eropa yakni di Irlandia.

Itu dilakukannya setelah ada ancaman dari Amerika Serikat ( AS), bahwa TikTok diduga membahayakan keamanan nasional "Negeri Paman Sam", sehingga akan diblokir oleh Donald Trump.

Roland Cloutier kepala keamanan informasi global TikTok mengatakan, proyek senilai 420 juta euro (Rp 7,25 triliun, kurs Rp 17.323/euro) itu akan mulai beroperasi pada awal 2022.

Baca juga: Sebut TikTok dan WeChat Ancaman AS, Trump Keluarkan Perintah Eksekutif

Dalam unggahan di blog ia menuliskan, akan "memainkan peran kunci untuk memperkuat perlindungan data pengguna TikTok, dengan sistem pertahanan keamanan fisik dan jaringan canggih, yang direncanakan dalam operasi ini."

"Pusat data regional baru ini akan memberikan manfaat nyata, termasuk memungkinkan waktu loading lebih cepat, yang akan membantu komunitas TikTok kami mendapat pengalaman lebih baik," lanjutnya dikutip dari AFP.

Data-data pengguna TikTok saat ini tersimpan di AS dan Singapura.

Baca juga: Bersiap Blokir TikTok dan WeChat di AS, Trump Mulai Obok-obok Sektor Bisnis

Aplikasi yang telah diunduh sekitar 1 miliar pengguna di seluruh dunia itu, saat ini menjadi fokus terbaru dalam konflik AS- China.

Presiden AS Donald Trump mengancam akan memblokir TikTok, yang dimiliki oleh ByteDance di China, kecuali jika operasionalnya di "Negeri Paman Sam" dijual segera ke perusahaan AS.

Menurut para pejabat AS, aplikasi itu menjadi risiko keamanan nasional karena dapat membocorkan jutaan data pribadi penggunanya ke intelijen China.

Beijing mambantah tuduhan itu, dan menuding AS melakukan manipulasi politik.

Baca juga: Trump Desak TikTok Dijual ke AS, China: Ini Manipulasi Politik


Sumber AFP
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X